BREAKING NEWS

Wednesday, September 27, 2023

Pentingnya Kolaborasi dan Inovasi pada Bidang Engineering, Binus University Gelar Engineering Week

 


PENDIDIKAN, korantangsel.com- Pada tahun 2015 lalu, pemimpin dari 193 negara mengadopsi 17 goals yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dunia, inklusi sosial, dan juga perlindungan lingkungan. Ketujuh belas poin tersebut kemudian dinamakan United Nations Sustainable Development Goals yang merupakan pencapaian aspirasional yang bertujuan untuk diraih pada tahun 2030.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Faculty of Engineering Binus University sebagai Perguruan Tinggi Indonesia menyelenggarakan Binus Engineering Week 2023. Rektor Binus University, Dr. Nelly, S.Kom.,M.M., CSCA mengatakan ini merupakan sebuah event yang memadukan kolaborasi, networking dan juga eksplorasi mendalam mengenai perkembangan terkini dalam dunia Engineering atau teknik melalui Sustainable Development Goals dengan mengusung tema A Sustainable Tomorrow through Creativity, Innovation, & Collaboration.

“Dengan adanya kolaborasi dari para talenta-talenta serta pemikiran brilian dalam komunitas engineering, Binus University bersama dengan rekan-rekan yang terlibat berharap dapat menciptakan ide kreatif dan menciptakan produk-produk inovatif yang dapat berkontribusi pada masa depan lebih baik secara berkelanjutan,” katanya.

Nelly menuturkan dalam event ini, Binus University turut menghadirkan narasumber ahli dari berbagai Perguruan Tinggi dan Industri di seluruh dunia. Antara lain National University of Singapore, Manchester University, Universiti Kebangsaan Malaysia. Tak hanya itu, ada pula perusahaan multinasional seperti Rexroth Bosch, Future Ready Academy Singapore serta perusahaan nasional Propan, Astra Daihatsu Motor dan Accelist Lentera Indonesia.

Tidak hanya event talkshow yang dilaksanakan secara hybrid, Nelly menambahkan peserta juga dapat mengunjungi platform metaverse. Dimana, dunia fakultas teknik di tuangkan dalam sebuah dunia yang bernama “Technopolis”. Di technopolis ini, para peserta dapat mengunjungi dunia engineering secara virtual yang dilengkapi dengan fitur Virtual Lounge dan Exhibition.

Lanjutnya, melalui fitur-fitur yang tersedia dalam Technopolis, pengunjung dapat merasakan pengalaman metaverse, berinteraksi dengan sesama pengunjung, melakukan networking, menyaksikan talkshow, serta melihat berbagai pameran karya Faculty of Engineering Binus University.

“Selain seminar, kegiatan ini juga akan mencakup pameran dan workshop yang bertujuan untuk memperkenalkan Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY kepada para pengunjung yang hadir. Faculty of Engineering terdiri dari jurusan Architecture, Industrial Engineering @Semarang, Industrial Engineering, Food Technology, Biotechnology, Computer Engineering, Civil Engineering, Ungkap Bapak Dr Ir JF Bobby Saragih, selaku Senior Advisor Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY.

Sementara itu, Ibu Religiana Hendarti, S.T., M.T., Ph.D, Ketua Penyelenggara BINUS Engineering Week 2023 memaparkan dengan dunia Technopolis, para mahasiswa Faculty of Engineering dapat menampilkan karya-karya inovatif dan kreatif yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan dan dapat disaksikan dari tempat manapun. Hal ini juga merupakan bentuk edukasi bagi para mahasiswa, untuk ikut berperan serta dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. (Dini)

 

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes