BREAKING NEWS

Friday, June 9, 2023

Ngatini, Berhasil Olah Kayu Jati Jadi Barang Bernilai Ekonomis


KULINER, korantangsel.com- Kerajinan kayu (woodcraft) bagi masyarakat Indonesia merupakan produk yang sudah lama dikenal baik dalam segi kualitas dan tampilan mewah. Jika ditekuni dengan serius, kerajinan kayu ini bisa menjadi sebuah usaha dengan prospek yang menjanjikan. Ngatini adalah salah seorang pengrajin dan pelaku UMKM asal Karang Tengah yang memanfaatkan kayu jati sebagai bahan baku dalam setiap produknya.

“Saya mempelajari kayu jati dan ilmu mengolah kayu ini menjadi barang bernilai dari orangtua dan keluarga besar yang sebelumnya sudah menjalankan bisnis ini. Setelah itu saya memberanikan diri dan dengan modal Rp 30 juta, saya mulai menjual pembuatan perabot rumah tangga berupa cobek, talenan, piring, mangkok, sendok, gelas, asbak vas bunga dan lainnya dengan harga mulai Rp 15 ribu sampai Rp 450 ribu,”katanya.

Ngatini mengaku untuk membuat semua produknya ini, ia menggunakan kayu jati Blora dengan alasan bentuk yang unik, kuat, memiliki serat yang bagus dan jika di finishing hasilnya halus. Tak hanya itu, ia pun mengklaim produk buatannya ini sangat aman untuk makanan atau 100 persen food grade karena menggunakan natural oil.

“Alhamdulillah produk saya ini penjualannya sudah ke berbagai daerah, seperti Tasikmalaya, Toraja, Tangerang, Jakarta dan sekitarnya,” ucapnya. (Dini)

Kidhung Gallery

IG : kidhung_gallery

No Whatsapp :  0813-1879-0500

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes