BREAKING NEWS

Tuesday, February 21, 2023

Penguatan Kolaborasi Pendidikan Tinggi Indonesia dengan Amerika Serikat, Binus Lakukan Penandatanganan MoU Dengan USAID HEPI

PENDIDIKAN, korantangsel.com- Untuk memperkuat pendidikan tinggi di Indonesia serta meningkatkan kemitraan antar universitas dan institusi pendidikan tinggi di Indonesia dan Amerika Serikat, Binus University melakukan penandatanganan MoU dengan USAID HEPI tepatnya di Binus University, Alam Sutera, (21/2/2023).

Rektor Binus University Alam Sutera, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M mengatakan HEPI adalah kemitraan lima tahun antara Amerika Serikat dan Indonesia yang akan mendorong kerjasama antara universitas di Amerika Serikat dan program akademik sains, teknologi, teknik dan matematika atau STEM di Indonesia. 

Lanjut Harjanto, program ini menerapkan model kemitraan untuk gelar bersama antara program Indonesia dan Amerika Serikat, mengembangkan kurikulum yang terkait dengan industri dan pembelajaran melalui pengalaman, membantu mahasiswa mempelajari dan mendaftar ke program gelar akademik akademik internasional yang sesuai. 

"Kerjasama dengan USAID HEPI akan membangun kapasitas untuk memberdayakan masyarakat dengan fokus pada kurikulum praktis yang memenuhi kebutuhan industri dan STEM. Dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi penerus pemimpin STEM dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendorong inovasi industri,” kata Harjanto. 

Sebagai universitas mentor, Harjanto menjelaskan Binus akan memfasilitasi kelompok kerja dari pemimpin industri, akademik, dan pemerintah untuk memecahkan tantangan dalam pendidikan tinggi dan persiapan tenaga kerja. Mereka akan bekerja sama dengan USAID dan ASU untuk memberikan pelatihan dan pengembangan kepada universitas afiliasi regional melalui pusat pengajaran dan pembelajaran.


Dengan dukungan tenaga ahli dari HEPI, Binus akan membimbing universitas untuk meningkatkan kurikulum dan metode pengajaran agar lulusan siap sukses di industri, sesuai dengan standar AS. Hal ini akan membangun reputasi Binus dan membuka peluang kemitraan dengan AS.

Sementara itu, Economic Growth and Education Office Director, USAID Indonesia, Farhad Ghaussy menuturkan USAID berkomitmen mempromosikan kemitraan antara universitas AS dan Indonesia. Kemitraan-kemitraan tersebut akan mendukung program STEM di Indonesia untuk memenuhi standar kelas dunia. Tujuan adalah untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam membuat tenaga kerja Indonesia lebih kompetitif.  

"Binus akan menggunakan kolaborasi industri melalui HEPI dan pengalaman dari Arizona State University untuk menyediakan kesempatan pembelajaran terapan dan kurikulum berbasis industri bagi mahasiswa. Binus juga akan bekerja sama dengan USINDO untuk membantu mahasiswa Indonesia dalam mendaftar dan menyelesaikan pengalaman akademik mereka di institusi AS," tutup Harjanto. (Dini)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes