BREAKING NEWS

Thursday, November 3, 2022

Esih Sukaesih Manfaatkan Limbah Kulit Jagung Jadi Wayang

BISNIS,korantangsel.com- Limbah kulit jagung ternyata dapat dikreasikan menjadi sejumlah produk bernilai tinggi. Hal inilah yang telah dikreasikan oleh Esih Sukaesih pemilik SHM Mandiri, merubah limbah kulit jagung menjadi boneka wayang. Esih mengungkapkan usaha yang dijalankan selama lima tahun ini, bermula saat miris melihat banyaknya kulit jagung yang dibuang begitu saja. Ia pun akhirnya memutuskan untuk mengolah limbah tersebut menjadi produk yang bernilai jual. 


"Keunggulan dari produk ini adalah bahannya yang mudah didapat, unik dan diolah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual," katanya.

Esih mengaku karena dinilai memiliki bentuk yang unik, boneka wayang kulit jagung buatannya ini akhirnya banyak dipesan khususnya untuk souvenir pernikahan dan khitanan. Tak tanggung-tanggung, ratusan boneka wayang pun terjual hingga ke pulau Jawa. Sedangkan untuk sekali produksi, ia mampu membuat ratusan boneka. Bagi Anda yang ingin menggelar pernikahan dan binggung mencari souvenir, tak ada salahnya mencoba memilih boneka wayang yang unik ini. 

"Kalau harga, saya bandrol untuk tiga boneka Rp 10 ribu. Sedangkan untuk jumlah 50 boneka wayang, ia jual Rp 75 ribu," ungkapnya. (Dini)

Boneka Wayang SHM Mandiri by UP2K Cibodas 

Alamat :  Kp. Sangereng RT 02/02, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas
No. Telpon : 085779059631

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes