BREAKING NEWS

Monday, October 31, 2022

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Akun Geoportal ke Tiga BUMD Kota Tangerang


TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Menindaklanjuti rapat koordinasi (Rakor) Simpul Jaringan Informasi Geospasial pada (10/10/22) dalam rangka optimalisasi sistem informasi geografis Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tangerang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang melaksanakan berita acara serah terima akun geoportal kepada tiga BUMD Kota Tangerang, di ruang rapat Tangerang Live Room, Senin (31/10/22).

Kepala Diskominfo, Indri Astuti menjelaskan akun tersebut diberikan Diskominfo sebagai wali data berupa username dan password yang dapat langsung dikelola oleh tiga BUMD Kota Tangerang yaitu Perumda Pasar, Perumda Tirta Benteng, dan PT Tangerang Nasional Global (PT TNG).

“Mereka (BUMD,red) dapat langsung mengelola data sebaran yang dimiliki, dan memperbaruhi data secara real time. Tidak sampai pada kepemilikan akun, para BUMD juga diharapkan langsung membentuk tim geoportal serta penyampaian data secara berkala kepada Diskominfo sebagai wali data,” jelas Indri Astuti.


Sementara itu Direktur Utama Perumda Pasar, Titien Mulyati mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Diskominfo Kota Tangerang. Karena dengan pemberian akun Geoportal terhadap Perumda Pasar akan membantu dalam pemberian informasi mengenai penyebaran pasar di Kota Tangerang sebanyak 54 pasar, serta pegawai yang berada di pasar.

“Ini sangat bermanfaat untuk Perumda Pasar, dengan begitu kita dapat mengevaluasi informasi yang akan disajikan kepada masyarakat. Jadi, masyarakat dapat melihat sebaran pasar tradisional maupun pasar jajanan yang dikelola langsung oleh Pemkot Tangerang,” ungkap Titien Mulyati.

Dilokasi yang sama, Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Sumarya menuturkan bahwa Perumda Tirta Benteng sudah siap untuk support dengan melaksanakan update data pelanggan beserta data infrastruktur penjunjangnya. Sehingga data yang disajikan pada dalam geoportal maps.tangerangkota.go.id lebih tepat dan akurat.

“Informasi Geospasial yang akan ditampilkan didalamnya ialah Nomor SL Serimeter, Kode Golongan, Nama Golongan, Tanggal Pasang, Merek, Diameter, Kelurahan dan Kecamatan. Sehingga ini membuka potensi peningkatan PAD untuk fokus kepada lokasi area calon pelanggan yang belum mendaftar PDAM,” tutur Sumarya.

Selanjutnya, Direktur Utama PT TNG Kota Tangerang, Edi Candra pun siap untuk memberikan informasi secara lengkap dan terpusat terhadap sebaran data yang harus disampaikan atau diberikan kepada masyarakat luas. Ia pun berharap, dengan terus mengoptimalkan satu data satu peta melalui geoportal dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Beberapa data dan informasi Geospasial yang terdapat pada aplikasi webGIS Pengelolaan PT TNG antara lain halte BRT, trayek BRT, trayek SiBenteng, TNG SPBU, dan TNG parkir. Serta sebaran PJU di Kota Tangerang,” tutup Edi Candra. (Dini)



Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes