BREAKING NEWS

Tuesday, August 25, 2020

Di Masa Pandemi Covid 19, Cukupi Kebutuhan Nutrisi Anak

 

 KESEHATAN,korantangsel.com- Di masa pandemik Covid 19 ini, kesehatan tubuh sangat diperlukan khususnya pada anak-anak. Dengan imunitas yang baik, dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Menurut Dokter Spesialis Anak RS. Sari Asih Cipondoh, dr. Bonnie Arseno, SpA ada sejumlah nutri yang baik bagi anak untuk meningkatkan imunitas tubuh. Seperti tercukupinya protein yang memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai sumber energi hingga mendukung sistem tubuh, dan sebagai kekebalan tubuh anak.

“Sistem imunitas merupakan kerjasama rangkaian sel, jaringan, protein dan organ tubuh,” katanya.

Lanjut Bonnie, pemberian asupan protein setiap anak tidak sama tergantung dari usia. Misalnya pemberian protein untuk balita sebanyak 10 gram per hari, remaja sebanyak 19-34 gram per hari, sedangkan remaja laki-laki sebanyak 52 gram per hari dan remaja perempuan sebanyak 4 gram per hari.

Sedangkan untuk sumber protein, Bonnie memaparkan bisa didapat dari makanan laut, daging ayam tanpa lemak, daging, telur, bahan pangan nabati yang mengandung protein seperti kedelai dan kacang polong. Agar kekebalan tubuh tetap sehat, sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin A pada anak yang berperan dalam melindungi organ tubuh, juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih yang menangkap bakteri dan pathogen dalam darah     

“Vitamin A bisa didapat dari wortel, kangkung, brokoli, paprika merah, bayam dan ubi jalar. Selain itu, anak harus memenuhi kebutuhan vitamin E sebanyak 4-11 miligram dengan mengkonsumsi almond, bayam, alpukat, mangga, brokoli, dan tomat,” tutupnya.


(korantangsel.com,dini)

 

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes