SEMANGAT JAGA PERDAMAIAN PAPUA MELALUI KONSER MUSIK "INDONESIA IN HARMONY" - RANSEL
Headlines News :
Home » » SEMANGAT JAGA PERDAMAIAN PAPUA MELALUI KONSER MUSIK "INDONESIA IN HARMONY"

SEMANGAT JAGA PERDAMAIAN PAPUA MELALUI KONSER MUSIK "INDONESIA IN HARMONY"

Written By korantangsel.com on Friday, November 1, 2019 | 8:24 PM


TANGERANG RAYA,korantangsel.com-  Sebagai wujud syukur terhadap kondisi Papua yang aman dan damai, komposer sekaligus pianis Ananda Sukarlan membawakan karya-karya khusus untuk Papua di konser “Indonesia in Harmony” yang digelar di Kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Tangerang, Kamis (31/10/2019).

Komposer dan Pianis, Ananda mengatakan Rapsodia Nusantara 24 merupakan karya lagu tradisional nusantara yang dibuat untuk memperkenalkan dan memperingati tokoh perdamaian Papua, Pater Neles Tebay yang wafat pada April lalu. Karya ini menggubah melodi rakyat “Domidow” asal Dogiyai, Papua, tempat kelahiran Pater Neles Tebay.

Ananda mengaku, awalnya tidak pernah dengar tentang Dogiyai. Kemudian setelah melakukan riset dan seorang misionaris Jerman memberitahu mengenai notasi melodi rakyat Domidow, kemudian menjadi Rapsodi Nusantara 24.

Sebelum konser, penonton juga disuguhkan dengan pemutaran film dokumenter tentang Papua yang berjudul “Pelangi di Ufuk Timur” karya Baptista Anton, dan diskusi yang menghadirkan Aileen H Riyadi dari Yayasan Pendidikan Harapan Papua. Mereka sepakat kedamaian di Papua harus terus dirawat demi memajukan pendidikan dan kualitas kehidupan saudara sebangsa setanah air kita di Bumi Cenderawasih.


Seperti diketahui, semangat untuk terus merawat perdamaian di Papua juga ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memilih daerah Papua sebagai kunjungan perdananya setelah dilantik sebagai Presiden periode 2019-2024. Bahkan, pada 28 Oktober 2019 Jokowi secara khusus meluangkan waktunya untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak kerusuhan yang pernah terjadi di Wamena pada September lalu.

Jokowi meminta kerusuhan tidak terulang lagi di tanah Papua, termasuk di Wamena. Dia nuga menekankan, pemerintah tak hanya akan membangun kembali gedung-gedung dan fasilitas publik yang rusak, namun juga akan berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat di Wamena.

(korantangsel.com,dens/red)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA