STISIP YUPPENTEK GELAR SEMINAR PUG - RANSEL
Headlines News :
Home » » STISIP YUPPENTEK GELAR SEMINAR PUG

STISIP YUPPENTEK GELAR SEMINAR PUG

Written By korantangsel.com on Tuesday, October 29, 2019 | 7:14 AM


TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Sebagai bentuk pemahaman mahasiswa terkait Pengarusutamaan Gender dalam proses pembangunan, STISIP Yuppentek menggelar seminar bertajuk "Kolaborasi dan Inovasi : Mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Dalam Pembangunan Kota Tangerang", Senin (28/10/2019) di Aula Widyaloka STISIP Yuppentek, Cikokol, Tangerang.

Ketua STISIP Yuppentek Bambang Kurniawan mengatakan, untuk mewujudkan kesetaraan gender memang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah daerah saja dan tersesaikan dalam waktu yang relatif singkat.

 Bambang menambahkan, perlu dilakukan secara terencana dan melibatkan banyak pihak, serta berkelanjutan. Oleh karenanya, perlu ada peran kolaborasi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Kota Tangerang yang berkeadilan gender secara optimal.


"Memang amanat undang-undang termasuk juga Perda menyebutkan tentang pengarusutamaan gender itu mengamanatkan untuk membentuk wadah. Dimana, dalam wadah tersebut terdiri dari berbagai unsur di antaranya adalah pers, terus juga kampus,” jelas Bambang.

Kegiatan tersebut, diharapkan Bambang, dapat meningkatkan pengetahuan para peserta seminar tentang konsep kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan serta konsep perlindungan anak dan perempuan dari berbagai tindakan kekerasan.

“Kami ingin mahasiswa kami lebih memahami tentang pengarusutamaan gender dalam proses pembangunan. Kami juga ingin terbentuknya sebuah lembaga kolaborasi pengarusutamaan gender dari lintas pelaku, yang di dalamnya terdiri dari unsur pemerintah, pers, mahasiswa, dan ormas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah menuturkan, terkait peran PKK dalam pembangunan memiliki program pokok PKK yang menunjang pembangunan Kota Tangerang, bahkan PKK menjadi wadah perempuan yang penting untuk pembangunan.


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,(DP3AP2KB) Heryanto menambahkan ini menjadi sebuah kolaborasi untuk mewujudkan paham pengarusutamaan gender di Kota Tangerang.

Diketahui, salah satu tujuan dalam seminar ini adalah terpetakannya rumusan desain kolaborasi antara Pemkot Tangerang dan Perguruan Tinggi untuk mendorong pembangunan berkeadialan gender yang berkelanjutan.

Kegiatan juga bertujuan untuk menginisiasi sinergitas pembangunan antara Pemda dan Perguruan Tinggi melalui kerjasama dalam bentuk pendidikan, penelitian atau kajian dan pengabdian kepada masyarakat.


(korantangsel.com,dens/red)







Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA