BREAKING NEWS

Tuesday, August 13, 2019

PER 15 AGUSTUS, TERMINAL 1C BANDARA SOETTA SEMENTARA TIDAK BEROPERASI



NASIONAL,korantangsel.com- Per tanggal 15 Agustus mendatang, PT Angkasa Pura II (Persero) akan melaksanakan revitalisasi Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai Kamis 15 Agustus mendatang. Pengembangan Terminal 1 dilakukan secara bertahap yang dimulai dari Terminal 1C, menyusul kemudian 1B dan 1A.  Selama dilakukan penataan, Terminal 1C tidak dapat dioperasikan untuk sementara waktu.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, revitalisasi ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kapasitas jumlah penumpang dua kali lipat dari yang ada saat ini. Khusus di Terminal 1, nantinya terminal ini akan memiliki kapasitas 18 Juta dari sebelumnya 9 Juta penumpang per tahun.


"Terminal 1 sejak pertama kali di operasikan pada tahun 1985 hingga saat ini, belum pernah dilakukan revitalisasi," kata Febri.


Lanjut Febri, berdasarkan data yang didapat, kapasitas penumpang tahun 2018 di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 67 juta orang, sedangkan kapasitasnya hanya 43 juta orang.  Tentunya, kondisi ini dinilai kurang memadai untuk melayani jumlah penumpang yang terus bertambah. Selain itu, gagasan untuk melakukan peremajaan ini, dilakukan untuk mengimplementasikan dari perkembangan dunia teknologi. Pasalnya, ke depan akan diberlakukan layanan berbasis digital. Seperti digital lounge, fasilitas game station, digital wayfinding, dan smart baggage akan tersedia di terminal ini.

Mengenai desain, tambah Febri, revitalisasi Terminal 1 akan tetap mempertahankan desain awal.  Proyek yang diagendakan selesai pada 360 hari ini, akan memperluas central corridor area, connecting boarding lounge area, check-in counter area dan sebagainya.

“Maskapai yang berada di Terminal 1C saat ini Citilink, Trigana Air dan Airfast Indonesia akan berpindah operasional pada 15 Agustus 2019.  Khusus maskapai Citilink akan pindah ke Terminal 2 domestik. Sedangkan  Trigana dan Airfast bergeser ke Terminal 1B,” jelas Febri.


Berdasarkan informasi, rencananya tak hanya Terminal 1 saja, Terminal 2 pun secara bertahap akan dilakukan revitalisasi. Sehingga kedepan secara keseluruhan total akan menampung 75 Juta penumpang per tahun. Dan proyek revitalisasi ini, akan terintegrasi dengan sejumlah proyek pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta lainnya. Seperti proyek pembangunan integrated building, dan peningkatan aksesibilitas yang nantinya akan menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia.

(korantangsel.com,dens)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes