PESONA BUMI BORNEO, HADIR DI FESTIVAL KULINER SERPONG 2018 - RANSEL
Headlines News :
Home » » PESONA BUMI BORNEO, HADIR DI FESTIVAL KULINER SERPONG 2018

PESONA BUMI BORNEO, HADIR DI FESTIVAL KULINER SERPONG 2018

Written By redaksi2 Ktangsel on Tuesday, August 21, 2018 | 9:34 PM



KULINER,korantangsel.com- Merangkum kemewahan kebudayaan Indonesia, khususnya dibidang kuliner. Festival Kuliner Serpong bisa menjadi salah satu tempat berkumpulnya para pedagang, yang menjajakan makanan nusantara. Tahun ini, Festival Kuliner Serpong 2018 menyajikan Pesona Bumi Borneo, kuliner khas dari pulau Kalimantan, tepatnya di parkiran Summarecon Mal Serpong 2.

Center Director Summarecon Mal Serpong, Willy Effendy mengatakan berangkat dari kekayaan kuliner dan budaya Kalimantan, FKS tahun ini diinspirasi oleh kota-kota besar di pulau tersebut. Seperti Pontianak, Banjarmasin, Singkawang hingga Sambas.

Lanjut Willy, suasana di kota tersebut pun semakin terasa di FKS 2018. Karena, adanya panggung yang dibentuk menyerupai rumah Betang atau rumah adat suku Dayak, lengkap dengan ukiran khas yang didominasi oleh warna hitam dan kuning, serta ragam corak tenun etnik masyarakat lokal disana.

"Anda akan semakin terbuai dan berasa di Kalimantan. Karena, kehadiran Sapundu yaitu totem berbentum orang yang kerap ditemukan di pelosok Kalimantan, hadir berdiri kokoh di tengah area parkiran Selatan, dengan warna yang merefleksikan semangat suku utama pulau ini," paparnya.

Tak hanya menghadirkan kebudayaan Kalimantan, Lanjut Willy, ada sekitar 7 pedangan yang menjajakan kuliner otentik khas Kalimantan, dan puluhan pedagang nusantara lainnya. Seperti kwe cap 'Asian' Pontianak non jalal yang terbuat dari tepung beras, dengan tekstur kwetiau yang lengket dan berbentuk persegi lalu disiram kuah kaldu tulang babi dan minyak babi.

Tak hanya itu, ada nasi campur dan nasi kari Asan 333 non halal ini, disajikan dengan daging babi. Ada bubur ikan Aweng yang tergolong halal ini, disajikan dengan menggunakan nasi yang langsung disiram dengan irisan daging ikan, dan diberi kuah panas ditambah perasan jeruk nipis, kecap asin, sambal.


Ada pula Choipan dan kembang tahu 'Heng Lie'. Choipan yang terbuat dari kulit tipis berbahan dasar tepung beras ini, berisi bengkuang, kucai, talas, ebi, dan diberi bawang goreng. Choipan akan lebih nikmat, saat disiram menggunakan saus bawang putih pedas.

Ingin yang pedas, rujak Idola Singkawang pilihannya. Bermacam-macam jenis buah segar bersatu, dengan bumbu kacang yang pedas. Ada pula bubur pedas Sambas by Sang Rasa. Kata pedas pada bubur, bukan berarti rasa pedas. Melainkan sebutan untuk campuran bahan yang digunakan dalam mengolah bubur. Seperti, pakis, kangkung, kecambah, kacang panjang, jagung muda, daun lengkuas, daun kencur, dan rempah-rempah lainnya.




Dan satu lagi, jajanan Pontianak @HAW. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai jajanan ringan hingga dessert dengan harga terjangkau.

"Untuk menikmati makanan nusantara di FKS, Anda cukup mengisi saldo dan transaksinya menggunakan kartu berwarna merah," tutupnya.

(korantangsel.com,dini)



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA