KAMPUNG BERKELIR, PERKENALKAN BUDAYA MASYARAKAT TANGERANG - RANSEL
Headlines News :
Home » » KAMPUNG BERKELIR, PERKENALKAN BUDAYA MASYARAKAT TANGERANG

KAMPUNG BERKELIR, PERKENALKAN BUDAYA MASYARAKAT TANGERANG

Written By redaksi2 Ktangsel on Monday, November 20, 2017 | 11:26 AM

NASIONAL,korantangsel.com- Kampung berkelir... Kampung yang berada di RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang ini tak sembarang kampung. Karena di kampung ini, puluhan seniman lokal dan mancanegara diajak menggambar pada media tembok pagar. Kegiatan yang diklaim sebagai salah satu kreativitas yang menggambarkan budaya asli masyarakat Tangerang ini, bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Tangerang.


Communication Manager Project Kampung Bekelir, Andika Panduwinata di lingkungan RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang mengatakan melalui gambar tiga dimensi, mural dan grafiti beberapa nilai seni, budaya, dan ikon Tangerang dapat tergambar begitu indah di Kampung Bekelir tersebut. 


Lanjut Andika, nantinya para seniman dan warga yang terlibat, akan menggambar pada 300 rumah warga dan ratusan meter pagar tembok yang ada di Kampung Babakan. 

"Mereka membuat lukisan tiga dimensi dengan menggambar beberapa kesenian atau ikon yang menjadi ciri khas Tangerang. Seperti Lenggang Cisadane, Gambang Kromong, Cokek, Laksa, Masjid Al Azhom dan masih banyak lagi yang lainnya," terangnya.

Khalayak masyarakat dapat melihat keunikan dari Kampung Bekelir ini yang lokasinya persis berada di Jalan Perintis Kemerdekaan sepanjang bantaran Sungai Cisadane. Mereka dapat memanjakan mata dengan menikmati gambar-gambar penuh warna dan memahami nilai-nilai budaya yang ada di Kota Tangerang.

"Dengan adanya Kampung Bekelir bisa mengingatkan kepada masyarakat lainnya kalau Tangerang ini tidak miskin budaya apalagi krisis identitas," ungkap alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran itu.

Sementara itu, Lurah Babakan, Abu Sofyan menyebutkan Kampung Bekelir ini diharapkan dapat menjadi pilot project destinasi wisata teranyar di Kota Tangerang. Wilayah tersebut dipercantik sehingga dapat menggaet para wisatawan asli Tangerang maupun dari luar Tangerang.

"Konsep ini mewujudkan model pariwisata berbasis masyarakat dan akan menjadi objek wisata baru di Kota Tangerang," ungkap Abu.

Menurut Abu dengan adanya Kampung Bekelir dapat menjadikan masyarakat Tangerang memiliki tata tertib berbudaya tinggi. Sehingga akan tumbuh ekonomi-ekonomi kreatif baru.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA