BREAKING NEWS

Friday, November 24, 2017

INI DIA PENYEBAB GIGI ANAK CEPAT RUSAK

KESEHATAN,korantangsel.com- Sebagai orangtua, terkadang secara tidak sadar membiarkan anak melakukan berbagai hal yang dapat mengakibatkan gigi menjadi rusak. Apa saja kah penyebabnya.

Pertama, orangtua membiarkan anak menyusu atau memberi minuman manis dari botol sampai ketiduran. Sebab, ketika anak tertidur cairan akan tergenang sehingga terjadilah proses karies atau gigi berlubang.

Sebaiknya, hal yang harus dilakukan orangtua adalah mengangkat botol, ambil kasa, lalu celupkan di air hangat untuk membersihkan permukaan gigu dan lidah.

Kedua, membiarkan anak menggigit benda seperti pensil, kuku atau benda padat lainnya yang dapat berdampak buruk bagi gigi. 

Ketiga, abaikan kebiasaan bruxism anak. Artinya ketika tidur ada beberapa anak yang tidak sadar menggesekkan giginya. Jika didiamkan, gigi akan menjadi aus dan akhirnya gigi sensitif atau mudah ngilu.
 
Dan terakhir, orangtua selalu memberikan anak snack. Padahal, jika anak selalu sering diberikan snack, maka anak akan malas makan. Seharusnya, setidaknya gigi harus istirahat dari paparan zat asam yang dihasilkan dari makanan yang diasup. Jadi, beri kesempatan gigi anak dinetralkan dahulu air liur sehingga nggak timbul karies atau lubang gigi.
(korantangsel.com,dini/dbs)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes