CEGAH KANKER PADA ANAK, ORANGTUA DIANJURKAN DETEKSI DINI - RANSEL
Headlines News :
Home » » CEGAH KANKER PADA ANAK, ORANGTUA DIANJURKAN DETEKSI DINI

CEGAH KANKER PADA ANAK, ORANGTUA DIANJURKAN DETEKSI DINI

Written By redaksi2 Ktangsel on Saturday, August 5, 2017 | 10:31 PM

CANCER SILOAM (RANSEL-DINI)
KESEHATAN,korantangsel.com- Kanker merupakan suatu penyakit berbahaya dan bisa menyerang semua kalangan,salah satunya anak. Untuk mencegah penyakit berbahaya pada anak, orangtua dianjurkan untuk menditeksi dini secara rutin dan periodik, guna penegahan penyakit tersebut.

Demikian pesan penting yang disampaikan dalam seminar berjudul "Dimensi Kanker pada Anak; deteksi dini dan tips pendampingan" tepatnya di Auditorium Siloam Hospitals Lippo Villange, kemarin.

dr.Dina Garniasih, Spa, Mkes, Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Lippo Villange mengatakan, deteksi dini sangat diperlukan dan orangtua berperan penuh dalam hal ini. Meskipun kanker pada anak dapat disembuhkan, namun jika itu terjadi tentu sangat berdampak psikologis, serta menguras energi dan biaya bagi para orangtua. Karena itu, kami menyarankan agar kenali dan atasi kanker anak melalui deteksi dini.

Ia menambahkan, sebagian besar kasus kanker pada anak yang terjadi di Indonesia adalah leukemia atau kanker yang terjadi pada sel darah putih, kemudian disusul dengan kanker yang menyerang sistem saraf pusat. Dimana, selain faktor mutasi gen, penyebab kanker anak di Indonesia dapat terjadi akibat paparan zat kimia dan penyakit infeksi seperti hepatitis B dan HIV pada anak.

"Kasus kanker pada anak, meski jarang terjadi harus segera dikenali jika terdapat benjolan kecil pada tubuh anak. Terlebih kanker darah atau leukemia, kanker dalam cairan yang sulit diprediksi. Untuk itu harus segera lakukan pemeriksaan secara berkala," katanya.

Sementara untuk pendampingan pada anak-anak istimewa ini, Dina menuturkan haruslah paripurna. Dimana butuh kesabaran, dan pengetahuan yang cukup agar mampu memahami kondisi kejiwaan, serta perasaan si anak.

"Khusus pasien kanker, Siloam Hospitals Lippo Village memiliki 12 tempat tidur untuk kemoterapi pasien yang berada di gedua A," tutur Alexander Mutak, Spd, MM, Business Development Head Siloam Hospitals Lippo Village.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA