BREAKING NEWS

Tuesday, June 13, 2017

TELAGA BIRU CIGARU, SURGA TERSEMBUNYI ADA DI TANGERANG

danau cigaru
HIBURAN,korantangsel.com- Bola mata terasa segar ketika melemparkan pandangan di atas air Telaga Biru Cigaru atau Danau Cigaru yang hijau kebiru-biruan. Pepohonan rindang yang berbaris rapi di atasnya, membuat danau itu semakin erotis. Di tambah siang itu, bayangan tebing tampak transparan di atas air danau yang tenang.

Pemandangan menarik di Telaga Biru Cigaru inilah yang menjadi magnet bagi para pelancong lokal. Selama kurun Oktober-Desember 2015, tempat ini menjadi 'trending topic' di antara para pelancong yang gandrung menikmati wisata alam di Tangerang.

Telaga Biru Cigaru atau Danau Cigaru terletak di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Jika menyaksikan keindahan danau ini, siapapun tak akan pernah menyangka jika danau ini dulunya merupakan bekas galian pasir yang dibiarkan tanpa direhabilitasi.

Kini, lubang-lubang bekas galian pasir yang digenangi air bawah tanah itu telah menjelma indah. Danau Cigaru menjadi ramai dikunjungi. Praktis, kondisi ini menjadi rejeki bagi warga sekitar. Lokasi yang dulu sepi dan tak pernah terjamah itu, kini menjadi tempat berjualan. Ada penjual es teh, pembuat tato, pedagang makanan dan minuman, sampai penjual tongsis pun ada di sini.

Salah satu pedagang adalah suryati (50), warga sekitar Danau Cigaru. Suryati mengaku sudah tiga minggu membuka toko makanan dan minuman di Danau Cigaru. Dengan bermodalkan bambu dan terpal, ia menjual berbagai makanan ringan seperti lontong, cilok, kacang goreng, serta berbagai macam minuman dingin.

Suryati mengaku senang dengan kondisi di Danau Cigaru yang kini telah menjadi objek wisata alam ini. Dengan adanya tempat wisata alam di kampungnya ini, ia bisa menambah pundi-pundi uang dengan berjualan makanan dan minuman ringan.

"Senang ada wisata kaya gini. Saya jadi bisa jualan. Lumayan untungnya bisa buat kebutuhan rumah. Sebelum ada ini saya cuma di rumah aja ngurus rumah," ujarnya.

Telaga Biru Cigaru juga merupakan spot yang menarik untuk hunting foto. Ada juga yang berselfie ria, seperti Indri (22) dan kawan-kawannya. Ia sengaja datang dari Tigaraksa untuk melihat dan berfoto bersama temannya dengan latar pemandangan alam Danau Cigaru yang indah.

"Datang ke sini mau liat pemandangan alam Danau Cigaru yang katanya indah. Pas liat langsung, emang bener indah sih. Yaudah sekalian foto-foto bareng temen-temen buat kenang-kenangan," ucap Indri sambil tersenyum lepas.

Meski air di danau ini terlihat sejuk dan tenang, namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang di danau. Tujuannya supaya kejernihan air Danau Cigaru tetap terjaga. Selain itu, beberapa titik di Danau Cigaru juga rawan longsor, karenanya demi keamanan, warga memasang pembatas di pinggir danau.

Nah, jika Anda penasaran dengan keindahan alam Danau Cigaru ini, Anda bisa mengunjunginya kapan pun. Namun, kunjungan ke Danau Cigaru hanya dibatas sampai sore hari saja. Soalnya, tempat ini belum dilengkapi dengan ppenerangan. Untuk masuk ke Danu Cigaru, Anda cukup membayar Rp 3.000 dan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

(sb:tangerang hits,tommy)


Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes