PENGAWETAN PRODUK, BATAN BANGUN IRADIATOR GAMMA - RANSEL
Headlines News :
Home » » PENGAWETAN PRODUK, BATAN BANGUN IRADIATOR GAMMA

PENGAWETAN PRODUK, BATAN BANGUN IRADIATOR GAMMA

Written By ADMIN on Thursday, March 31, 2016 | 11:35 PM

batan
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Untuk membantu para petani dalam mengawetkan produknya, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bangun iradiator gamma serbaguna. Iradiator ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan produk makanan, obat-obatan, bahan herbal, kosmetika dan alat kesehatan.

“Sterilisasi menggunakan radiasi aman untuk makanan, bahan herbal, kosmetik,” jelas Menteri Ristek dan Dikti Muhammad Nasir saat groundbreaking pembangunan iradiator, kemarin.

Nasir mengaku, iradiator gamma ini dibangun karena melihat kurangnya ketersediaan fasilitas dan teknologi pengawetan yang handal, aman dan terjangkau harganya. Sehingga, diharapkan iradiator gamma ini dapat menggurangi penggunaan bahan kimia disetiap produk. 

"Dampaknya konsumen menjadi pihak yang dirugikan, karena timbulnya masalah kesehatan, keselamatan dan keamanan dari bahan pangan yang dikonsumsi," katanya.

Seperti diketahui, pembangunan iradiator gamma serbaguna dikawasan Puspitek Serpong itu, merupakan hasil kerjasama antara BATAN dengan Izotop-Hongaria. Iradiator ini bersifat multi fungsi dengan kapasitas maksimum 2 mega currie (2 MCi). Dengan kapasitas 2 MCi ini, maka iradiator bisa melayani proses iradiasi hingga 123 meter kubik per hari.

“Pembangunan iradiator gamma serbaguna ditargetkan selesai akhir tahun 2017,” papar Kepala BATAN Djarot S Wisnubroto.

Ia menjelaskan, untuk pembangunannya sendiri mengbabiskan biaya yang dialokasikan mencapai Rp 96 miliar. 



Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA