MENGETAHUI GEJALA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) - RANSEL
Headlines News :
Home » » MENGETAHUI GEJALA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)

MENGETAHUI GEJALA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)

Written By ADMIN on Monday, January 25, 2016 | 1:24 AM

demam berdarah
KESEHATAN,korantangsel.com- Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue yang mengakibatkan demam dan bisa menimbulkan perdarahan. Setiap orang harus waspada terhadap Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) ini, agar dengan segera penderita mendapatkan pertolongan, karena apabila telat bisa berakibat fatal.

Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) yang paling mengerikan yaitu terjadinya perdarahan signifikan yang dapat menyebabkan tekanan darah mejadi turun (drop), yang dapat mengakibatkan shock bahkan kematian. Penyebab Demam Berdarah Dengue dan Penularannya. Seseorang bisa terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) apabila digigit oleh nyamuk (terutama) Aedes Aegypti yang mengandung Virus Dengue.

Nyamuk Aedes albopictus dan Aedes plynesiensis juga bisa menularkan virus ini, namun kasusnya jarang. Ciri-ciri nyamuk Aedes penyebab demam berdarah ini antara lain : Mempunyai bintik-bintik putih pada badan dan kakinya, Berkembang biak di air yang jernih dan hanya mampu terbang sejauh 100 – 200 meter.

Sifat khas nyamuk aedes ini menggigit pada waktu siang hari yaitu pagi dan sore, ketika istirahat biasanya ia hinggap di gantungan baju, Ketika mengigit badan tidak nungging, kalau nungging nyamuk anopheles (penyebab malaria).

Berkembang biak pada air yang bersih (tidak bertanah) seperti pada bak mandi, tempayan, tempat minum burung dan barang-barang bekas yang tergenang air. nyamuk aedes penyebab demam berdarah, terlihat ketika mengigit tidak nungging. Setelah virus masuk ke dalam tubuh sese orang, terlebih dahulu virus akan berkembang biak di dalam kelenjar getah bening (limfa).

Gejala Demam Berdarah akan muncul sekitar 4-6 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) Gejala Awal Demam Berdarah tergolong luas dan mirip dengan infeksi virus pada umumnya, seperi demam, sakit kepala, nyeri otot, mual, bahkan muntah. Beberapa mengeluh nyeri menelan dan terlihat tenggorokan memerah (faring hiperemis, seperti pada radang tenggorokan)

Panas akan turun di hari ke-3 atau ke-4 tetapi hari berikutnya naik lagi. Ruam pada kulit Nyeri belakang mata Manifestasi perdarahan, yang ditandai dengan: Ptekie yakni Bintik-bintik merah kehitaman pada kulit yang apabila kulit diregangkan warna tetap terlihat. Inilah ciri khas bintik kulit pada DBD karena bintik merah akibat penyakit lain atau gigitan nyamuk akan tidak terlihat jika kulit diregangkan. Mimisan (epistaksis) Muntah Darah (hematemesis) BAB berdarah biasanya berwarna hitam (melena) Pada pemeriksaan oleh dokter dan laboratorium, ditemukan: Uji tournquet (+)

Jika: Trombosit > 100.000/ul, maka cukup rawat jalan seperti diatas. Trombosit < 100.000/ul, harus rawat inap di Klinik atau Rumah Sakit. Untuk dapat menaikkan trombosit dengan cepat, silahkan baca: Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat dan Alami Itulah beberapa point penting tentang Gejala Demam Berdarah (DBD) dan petunjuk bagaimana seharusnya Anda berbuat, semoga bermanfaat :)

(korantangsel.com, sumber)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA