PMI TANGSEL DAN PMI KOTA TANGERANG LAKUKAN SUSUR CISADANE - RANSEL
Headlines News :
Home » » PMI TANGSEL DAN PMI KOTA TANGERANG LAKUKAN SUSUR CISADANE

PMI TANGSEL DAN PMI KOTA TANGERANG LAKUKAN SUSUR CISADANE

Written By ADMIN on Friday, December 26, 2014 | 9:43 AM

pmi
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Dalam rangka memperingati hari Sukarelawan yang jatuh pada tanggl 26 Desember, PMI Kota Tangerang Selatan bersama PMI Kota Tangerang mengadakan acara bersama berupa menyusuri sungai Cisadane dengan tema Cisadane Bersih.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang teman-teman lakukan, dimana ini merupakan bentuk wujud nyata bakti Sukarelawan PMI dalam kesiapsiagaan bencana dan upaya menjaga kelestarian serta kebersihan lingkungan karena tugas PMI bukan hanya donor darah saja, namun juga ikut berperan aktif dalam upaya-upaya pengurangan resiko bencana dan juga peduli akan lingkungan dimana para Sukarelawan PMI sebagai motor penggeraknya” ungkap Adji Ekawarman Hassan, mewakili Pengurus PMI Tangsel dalam sambutan pembukaan kegiatan.

Peserta susur sungai yang terdiri dari 15 anggota KSR PMI Kota Tangerang Selatan dan 10 anggota KSR Kota Tangerang yang didampingi oleh pengurus dan staf markas PMI memulai perjalanannya pada sekitar pukul 10 pagi dengan titik start  (sungai cisadane-red) di wilayah kelurahan Kranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.
Sungai Cisadane dipilih karena sungai ini mengalir melintasi wilayah Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, yang juga menandakan koordinasi serta tanggung jawab antara ketiga wilayah di tangerang raya. Sungai ini sering kali menjadi penyebab bencana banjir yang kerap melanda daerah-daerah disekitarnya karena meluapnya air sungai dan banyaknya sampah-sampah sehingga menyebabkan pendangkalan sungai yang membuat tinggi permukaan air  anak sungai tersebut yang kerap menyebabkan banjir.

Kegiatan menyusuri sungai ini  ini tidak semata euphoria memperingati hari Sukarelawan PMI (Palang Merah Indonesia) tapi juga dalam rangka memberikan sosialisasi mengenai resiko bencana banjir yang kerap melanda kawasan sungai Cisadane. Para Sukarelawan akan menyusuri sekitar 20 km aliran sungai Cisadane sambil membersihkan sampah disepanjang jalur yang mereka lalui sebagai salah satu bentuk nyata aksi dan sosialisasi pengurangan resiko bencana banjir.

“Salah satu tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menjadi contoh bagi kelompok masyarakat  dan komunitas lainnya untuk melakukan hal yang sama (membersihkan Cisadane-red) serta yang  paling penting adalah untuk mendorong masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah ke Sungai Cisadane” tambah Yudi Iskandar Kepala Markas PMI Kota Tangerang.

Tim Sukarelawan PMI Tangerang Selatan dan PMI Kota Tangerang berhasil mengumpulkan sebanyak 15 kantong sampah besar dari sepanjang jalur Sungai Cisadane yang dilalui. Sampah-sampah ini nantinya akan dibuang di tempat penampungan sampah yang semestinya. 


(korantangsel.com, dokinfo pmi tangsel-ucha/kzkg)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA