DKPP AKUI LAHAN MAKAM MASIH LUAS - RANSEL
Headlines News :
Home » » DKPP AKUI LAHAN MAKAM MASIH LUAS

DKPP AKUI LAHAN MAKAM MASIH LUAS

Written By ADMIN on Wednesday, December 10, 2014 | 8:38 AM

pemakaman
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Ketersediaan lahan makam di Kota Tangsel aman hingga tahun 2016. Berdasarkan data Dinas Kebersihan Pemakaman dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel, ada tujuh tempat pemakaman umum (TPU) dan 150 tempat pemakaman bukan umum (TPBU) dengan total luas lahannya mencapai 70 hektare.

Kabid Pemakaman DKPP Kota Tangsel Deden Supriyatna mengatakan, dengan jumlah TPU dan TPBU yang tersebar, ketersediaan lahan makam bisa dikatakan aman hingga beberapa tahun mendatang. Menurutnya dengan jumlah lahan 70 hektare, tidak bakal ada pemakaman yang ditumpuk karena keterbatasan lahan. “Di Tangsel, lahan makamnya luas. Masyarakat tidak khawatir kekurangan lahan makam disini,” katanya, kemarin.

Deden mengungkapkan, selain luas lahan, tidak semua warga Tangsel yang meninggal dimakamkan disini. Ini juga yang menjadi keyakinannya bila ketersediaan makam aman hingga beberapa tahun ke depan. Apalagi, bila asumsi, tingkat kematian disini hanya satu persenen dari jumlah penduduk.

“Ditambah lagi jumlah TPU disini baru terisi sekira 60 persenan. Kalau untuk TPBUnya saya kurang tahu karena itu dikelola swasta,” ungkapnya.

Meski ketersediaan pemakaman masih aman, namun pihaknya tidak ingin santai. Beberapa upaya sudah dilakukan, seperti sosialisasi tentang makam ke beberapa wilayah. Langkah ini bertujuan agar masyarakat tahu tata cara pemakaman, seperti makam yang tidak boleh disemen, pengaturan tata letak makam, dan sebagainya. “Tujuan ini untuk meminimalisasi karut marut penataan makam. Kalau sudah mengerti tidak ada lagi, makam yang tidak teratur. Selain itu juga efektifitas lahan,” imbuhnya.

Deden mengungkapkan, dalam sosialisasi ini, DKPP Juga menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam penjelasan pemakaman. Kata dia, bila masyarakat sudah paham, efektifitas lahan bisa segera terwujud. Ini juga sebagai penataan makam yang sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku. “Kita ingin makam di Tangsel tertata rapi. Jadi kesan angker juga bisa dihilangkan kalau makamnya baik dan bersih,” ungkapnya.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA