ASLI GA?.... KALO MADU DISEMUTIN - RANSEL
Headlines News :
Home » » ASLI GA?.... KALO MADU DISEMUTIN

ASLI GA?.... KALO MADU DISEMUTIN

Written By ADMIN on Friday, November 7, 2014 | 11:47 PM

madu
KESEHATAN,korantangsel.com- Ah... Madu asli lengkap dengan tes laboratorium yang saya minum di rumah tetep disemutin kok :)

Madunya kok disemutin? Katanya madu asli nggak disukai semut. Banyak sekali orang berpendapat demikian. Tapi faktanya, pendapat ini adalah salah.
Fakta yang benar, semut suka madu. Selain vitamin dan mineral didalam madu, sebagian besar senyawa pembentuk madu adalah karbohidrat (zat gula), yaitu fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%). Dari zat gula ini lah rasa manis madu berasal. Dan semut menyukai rasa manis ini.

Semut merupakan salah satu hama dari peternakan lebah madu. Semut memakan madu, tempayak, lilin, dan sisa pakan lebah yang ada dalam sarang lebah.

Berdasarkan penjelasan diatas, jelas bahwa pada dasarnya semut suka makan madu. Jadi, kalau madu disemutin, tidak berarti madu itu palsu. Malah kita perlu curiga jika semut sama sekali tidak mendekati madu yang kita punya. Sebab bisa jadi pada madu tersebut terdapat zat yang berbahaya sehingga semut menghindarinya.

Adapun yang mengatakan semut tidak suka madu tidak berdasarkan penelitian dan hanya menurut kabar burung saja yang tidak jelas, dan hanya menduga-duga tanpa berdasarkan penjelasan yang ilmiah. Kalaupun semut tidak suka bisa disebabkan oleh faktor fermentasi pada madu yaitu terjadi proses fermentasi pengalkoholan, sehingga semut tidak suka akibat baunya yang menyengat.

Bicara soal madu, Indonesia mempunyai berbagai perusahaan nasional pembuat madu alami, salah satunya adalah madu pramuka yang sudah terkenal sejak tahun 2004, Pada awal tahun 2004, Kepala Unit Pusat perlebahan Apiari Pramuka mengusulkan kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk mengubah status unit usahanya menjadi Perseroaan Terbatas. Usulan tersebut bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam berkerjasama dengan pihak lain sehingga Madu Pramuka dapat semakin berkembang dan dikenal luas sebagai Pionir perlebahan modern di Indonesia. Akhirnya pada tanggal 5 Januari 2005 Pusat Perlebahan Apiari Pramuka resmi menjadi Perseroaan Terbatas dengan nama PT Madu Pramuka.

Untuk daerah Tangerang sendiri sudah banyak kedai-kedai madu pramuka yang telah dibuka, khusus untuk daerah Kota Tangerang bertempat di Jalan Raya Hasyim Ashari Cipondoh Kota Tangerang Banten (depan Puskesmas Kecamatan Cipondoh).

(korantangsel.com, muhammad ridwan & susanti ayu)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA