EVALUASI PENILAIAN PROGRAM ADIWIYATA KOTA TANGERANG - RANSEL
Headlines News :
Home » » EVALUASI PENILAIAN PROGRAM ADIWIYATA KOTA TANGERANG

EVALUASI PENILAIAN PROGRAM ADIWIYATA KOTA TANGERANG

Written By ADMIN on Saturday, February 22, 2014 | 2:50 AM

ADIWIYATA
TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Tangerang melalui Bidang Pemantauan dan Pemulihan Kualitas Lingkungan Hidup (PANLIH), melakukan Evaluasi Penilaian Program Adiwiyata ke 40 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK se-Kota Tangerang, salah satunya adalah SMPN 1 Tangerang.

Anisa Listyaningsih dari BPLH Kota Tangerang, salah satu  Tim evaluasi dan penilaian program adiwiyata menjelaskan Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

ADIWIYATA

Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dari dampak lingkungan yang negatif. Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

ADIWIYATA

Anisa menjelaskan “Sasaran dari program Adiwiyata adalah warga sekolah secara keseluruhan mulai dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, komite dan masyarakat sekolah lainnya untuk turut aktif dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di lingkungan sekolah”. Terangnya.

“Dan Sekolah yang berhak mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota merupakan sekolah yang mampu memenuhi kriteria penilaian sebesar 70%. Sebagai upaya dalam mendorong program Adiwiyata  tersebut ,BPLH bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang, LSM Detara Foundation, Hompimpah, Forum Kompos dan sekolah yang telah menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional (SMPN 13, SMKN 2, SMPN 5, SDN Karawaci Baru 6). melakukan pembinaan terhadap sekolah yang ada wilayah Kota Tangerang untuk menerapkan Program Adiwiyata,” Tambah Anisa.

Masturoh, pengawas dari Dinas pendidikan Kota Tangerang, menjelaskan, Penilaian Program Adiwiyata dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kota, provinsi dan nasional. Untuk  Tingkat Kota Tangerang tim penilai melibatkan unsur BPLH, Dinas Pendidikan, LSM (LSM Warna Warni), dan Perguruan Tinggi (UMT dan UNIS).

Sementara itu, Purnama, salah satu anggota LSM Warna warni yang menjadi Tim penilai Program adiwiyata “Ada 4 ( empat ) kriteria penilaian dalam  Program adiwiyata anatara lain; Kebijakan Berwawasan Lingkugan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif  danPengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan” tegasnya saat diwawancarai tim reporterkorantangsel.com.

(korantangsel.com, jhon mukmin kusnendar)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA