BREAKING NEWS

Saturday, January 18, 2014

SAMBUT MAULID NABI : TURUNAN SULTAN AGENG TIRTAYASA GELAR RITUAL PENCUCIAN KERIS

ritual cuci keris
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Menyambut Maulid Nabi, keturunan Sultan Ageng Tirtayasa mengiringinya dengan Ritual pencucian benda pusaka berupa keris peninggalan Tubagus Arif Putra dari Sultan Agung Tirtayasa yang ke-abad 16, dan ritual tersebut dilakukan di Pemakaman Tajug, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, kemarin.

 Menurut Imanuddin, Ketua Yayasan Walidain, ini merupakan ritual rutin setiap menyambut Maulid Nabi. Sebelum melakukan ritual, tambah Imanuddin, warga diharuskan melakukan prosesi zikir bersama. 

“Benda pusaka yang ikut dalam ritual pencucian ini berjumlah delapan buah golok dan tiga buah tombak, serta delapan buah keris,” paparnya.

ritual cuci keris
Lanjutnya, perayaan ritual pencucian benda pusaka ini, merupakan bukti sejarah keturunan Banten tepatnya di pusat perkotaan pada jaman modern. Di mana, benda tersebut di cuci dengan menggunakan kembang tujuh rupa lalu di gosok dengan jeruk nipis agar tidak berkarat.

“Tidak hanya ritual pencucian keris, warga pun menyantap nasi tumpeng setelah usai acara agar mendapatkan berkahnya,” tuturnya.

Warga berharap, pemerintah setempat melestarikan budaya lokal yang dilakukan secara sacral, agar kedepan bisa dipertahankan untuk generasi yang akan datang.

(korantangsel.com, ahmad baihaqi)



Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes