MINIM LAHAN, KEBUTUHAN IKAN SEMAKIN MENINGKAT - RANSEL
Headlines News :
Home » » MINIM LAHAN, KEBUTUHAN IKAN SEMAKIN MENINGKAT

MINIM LAHAN, KEBUTUHAN IKAN SEMAKIN MENINGKAT

Written By ADMIN on Tuesday, January 28, 2014 | 10:33 PM

ikan
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Dinas  Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) terus  meningkatkan budidaya ikan dengan memberdayakan masyarakat ataupun komunitas, meski pun pada kenyataannya lahan pertanian dan perikanan yang ada di Tangsel sudah tidak banyak.
 
Kepala DPKP Kota Tangsel, Dadang Raharja mengatakan, saat ini luas lahan pertanian  tinggal sekitar  100 hektar.  Di mana sebelumnya, mencapai 170 hektar. "Berkurangnya lahan dikarenakan alih fungsi  menjadi perumahan dan pemukiman," ungkapnya usai panen ikan lele di Bambu Apus, Pamulang, kemarin.

Ia melanjutkan, seperti di tahun 2013 produksi ikan sebesar 245 ton  per tahunnya. Sedangkan, kebutuhan ikan di kota  dengan tujuh kecamatan ini mencapai 32.451 ton per tahun.

"Pasokan budidaya ikan dari Kota Tangsel tidak  mencukupi. Kekurangan pasokan diambil dari  Bogor dan Sukabumi," katanya.

Menurutnya, saat ini di kota Tangsel memiliki 54 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) sebagai  pembudidaya binaan DPKP. Setiap tahun, enam  dari 54 pokdakan mendapatkan bantuan dana dari  kementerian perikanan dan kelautan masing-masing Rp 65 juta per tahun.

"Setiap tahunnya pokdakan akan bergantian  menerima bantuan dari kementerian, sesuai dengan  kuota yang diberikan pemerintah pusat," terangnya.

Dadang menjelaskan, ikan lele jenis sangkuriang atau jumbo masih menjadi unggulan. Lantaran, pembesaran  lebih gampang dan cepat panen. Selain itu,  pangsa pasar lele di Kota Tangsel cukup bagus. "Kedua jenis ikan tersebut lebih gampang,  karena tidak membutuhkan lahan  yang luas. Bisa pakai terpal ukuran 2x3 dan menampung 100 ekor ikan lele, harga  penjualannya pun menguntungkan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian DPKP, Faridzal Gumay  menambahkan, panen empang lele berukuran 6x7  bisa menghasilkan lima hingga tujuh kwuintal  ekor ikan lele. "Masa panen ikan lele membutuhkan waktu dua  bulan," ucapnya.  


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA