IPAL RUMAH SAKIT DI TANGSEL MASIH JAUH DARI STANDAR - RANSEL
Headlines News :
Home » » IPAL RUMAH SAKIT DI TANGSEL MASIH JAUH DARI STANDAR

IPAL RUMAH SAKIT DI TANGSEL MASIH JAUH DARI STANDAR

Written By ADMIN on Wednesday, January 15, 2014 | 11:26 PM

rumah sakit umum tangerang selatan
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) rumah sakit di Kota Tangerang Selatan masih jauh di bawah standar. Kondisi tersebut ditemukan dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Komisi IV DPRD Kota Tangsel.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangsel Gacho Sunarso mengatakan dari dua lokasi rumah sakit yang disinggahinya, IPAL masih jauh dari standar.

"Kita bisa lihat tadi, di RS Buah hati terlalu kecil. Air hasil pengolahan di RS Buah Hati Pamulang tadi saya pegang, sampai sekarang tangan masih gatal," ungkap Gacho menjelaskan usai sidak, Rabu (15/1).

Usai menyambangi RS Buah Hati Pamulang, Komisi IV pun memdatangi Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel. Gacho pun kembali mengatakan pengolahan limbah di RSU Kota Tangsel belum maksimal. Pengelolaan limbah di RSU sudah sesuai, akan tetapi lokasinya yang belum sesuai.

"Pengolahan limbahnya sangat terbuka buat umum dan lokasinya kurang tepat," paparnya.

Sementara Direktur RS. Buah Hati Pamulang, Dodi S Adi Pradja mengatakan pengelolaan limbah padat dan limbah cair di RS Buah Hati Pamulang sudah maksimal. Hanya saja, saat sidak Komisi IV, ada beberapa limbah padat berupa kardus yang belum terangkut.

"Dalam sekian menit kardus itu sudah terangkat. Itu juga bukan termasuk limbah rumah sakit," ucapnya.

Untuk limbah cair setiap bulannya, RS Buah Hati juga melaporkan pengelolaan limbah ke Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel dan tiap bulan juga ada tim dari BLHD yang datang untuk memantau, tambahnya.

Kepala Bidang Perawatan RSU Kota Tangsel Asep Sopari mengatakan pihaknya sudah maksimal melakukan pengelolaan limbah di RSU Tangsel. Untuk kapasitas IPAL di RSU saat ini sudah cukup. Akan tetapi, jika dihitung dengan penambahan gedung, IPAL yang ada saat ini masih kurang.

"Ya dengan penempatan gedung yang ada saat ini cukup. Tapi kalau dihitung dengan pembangunan gedung baru ya kurang," ucapnya.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA