BREAKING NEWS

Friday, November 29, 2013

KEBUDAYAAN KALIMANTAN ”TARI GIRING-GIRING”

tari giring giring
HIBURAN,korantangsel.com- Tarian kebudayaan Negara Indonesia yang masih dimiliki oleh suku -suku Kalimantan salah satunya adalah Tarian Giring-Giring yang disebut juga dengan nama Ganggereng, Tari Giring-Giring merupakan jenis tarian yang mengambarkan suasanan gembira, yang biasanya dimainkan untuk menyambut kedatangan tamu – tamu istimewa.

Tarian Tradisional ini biasanya ditarikan dalam acara-acara bergembira, menyambut tamu dan sebagai selingan pada pesta-pesta atau acara tertentu. selain itu, Tari Giring-Giring ini juga digunakan sebagai tarian pergaulan di kalangan muda-mudi khususnya di Daerah Kalimantan.

Pada penampilan Tari Giring-Giring, biasanya ada tata cara untuk penarinya yang akan membawakan alat yang disebut dengan giring-giring, yang terbuat dari bambu tipis dan sebelum digunakan bambu ini biasanya diisi dengan biji ‘piding’ sehingga ketika digunakan dalam pertunjukan tari giring-giring, bambu ini akan menghasilkan suara yang berirama dengan alunan gamelan yang sangat merdu dan indah.

Dan cara menarikannya dengan menghentakan giring-giring atau bambu ke lantai dan menggoyang-goyangkan bambu agar mendapatkan bunyi yang ritmis, serta tongkat yang dihentakan ke lantai adalah tongkat yang dipegang dengan tangan kiri, sedangkan bambu yang digoyang-goyangkan adalah bambu yang dipegang oleh tangan kanan.

Dan anggota kaki penari biasanya akan bergerak maju-mundur seirama dengan irama yang dihasilkan oleh bambu dan irama lagu yang mengiringi tarian tersebut, keserasian antara ritme musik dan gerakan penarinya itulah yang menjadi daya tarik bagi orang yang menikmati menonton pertunjukan Tarian Giring-Giring Kalimantan.

(korantangsel.com-ayla


Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes