TIPS, PENANGANAN PENANGGULANGAN BENCANA ANGIN PUTING BELIUNG - RANSEL
Headlines News :
Home » » TIPS, PENANGANAN PENANGGULANGAN BENCANA ANGIN PUTING BELIUNG

TIPS, PENANGANAN PENANGGULANGAN BENCANA ANGIN PUTING BELIUNG

Written By ADMIN on Wednesday, October 2, 2013 | 12:47 AM

penanganan bencana puting beliung
TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Ini salah satu tips sederhana bagi masyarakat rentan bencana, dengan bagaimana menghadapi bencana angin puting beliung. Ada beberapa langkah antisipasi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak dari angin puting beliung.

Pertama-tama, kita harus mengenali bulan-bulan pancaroba di tempat kita, Dan juga harus mengadakan penghijauan karena dengan adanya penghijauan udara tidak terlalau panas sehingga tidak terjadi perbedaan panas yang dapat menimbulkan adanya angin puting beliung.

Apabila terjadi angin puting beliung menghindar dari pepohonan tinggi yang sudah rapuh karena bisa tertimpa pohon, cari tempat yang aman dan kuat atau menghindar jauh. Membuat rumah yang permanen dan kuat. Membuat tempat perlindungan di bawah tanah apabila tempat tinggal sering terjadi angin puting beliung.

penanganan bencana puting beliung

Sebelum Datangnya Angin
1.    Dengar dan simaklah siaran radio atau televisi menyangkut prakiraan terkini cuaca setempat
2.    Waspadalah terhadap perubahan cuaca
3.    Waspadalah terhadap angin topan yang mendekat.
4.    Waspadalah terhadap tanda tanda bahaya sebagai berikut:
5.    Langit gelap, sering berwarna kehijauan.
6.    Hujan es dengan butiran besar
7.    Awan rendah, hitam, besar, seringkali bergerak berputar
8.    Suara keras seperti bunyi kereta api cepat
9.    Bersiaplah untuk ke tempat perlindungan ( bunker ) bila ada angin topan mendekat.

Saat Datangnya Angin
1.    Bila dalam keadaan bahaya segeralah ke tempat perlindungan (bunker)
2.    Jika anda berada di dalam bangunan seperti rumah, gedung perkantoran, sekolah, rumah sakit, pabrik, pusat perbelanjaan, gedung pencakar langit, maka yang anda harus lakukan adalah segera menuju ke ruangan yang telah dipersiapkan untuk menghadapi keadaan tersebut seperti sebuah ruangan yang dianggap paling aman, basement, ruangan anti badai, atau di tingkat lantai yang paling bawah. Bila tidak terdapat basement, segeralah ke tengah tengah ruangan pada lantai terbawah, jauhilah sudut sudut ruangan, jendela, pintu, dan dinding terluar bangunan. Semakin banyak sekat dinding antara diri anda dengan dinding terluar gedung semakin aman. Berlindunglah di bawah meja gunakan lengan anda untuk melindungi kepala dan leher anda. Jangan pernah membuka jendela.

3.    Jika anda berada di dalam kendaraan bermobil, segeralah hentikan dan tinggalkan kendaraan anda serta carilah tempat perlindungan yang terdekat seperti yang telah disebutkan di atas.

Jika Anda Berada Di Luar Ruangan Dan Jauh Dari Tempat Perlindungan,
maka yang anda harus lakukan adalah sebagai berikut:
1.    Tiaraplah pada tempat yang serendah mungkin, saluran air terdekat atau sejenisnya sambil tetap melindungi kepala dan leher dengan menggunakan lengan anda.
2.    Jangan berlindung di bawah jembatan, jalan layang, atau sejenisnya. Anda akan lebih aman tiarap pada tempat yang datar dan rendah.
3.    Jangan pernah melarikan diri dari angin puting beliung dengan menggunakan kendaraan bermobil bila di daerah yang berpenduduk padat atau yang bangunannya banyak. Segera tinggalkan kendaraan anda untuk mencari tempat perlindungan terdekat.
4.    Hati hati terhadap benda benda yang diterbangkan angin puting beliung. Hal ini dapat menyebabkan kematian dan cedera serius.

Materi ini penulis sampaikan di wilayah kepulauan, yang penulis lalui dalam Kegiatan Bhakespra Nusantara II.


(korantangsel.com-mumin kusnendar/ayla)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA