BREAKING NEWS

Tuesday, October 22, 2013

RENCANA KONTINJENSI PENANGGULANGAN BENCANA BPBD TANGSEL

BPBD tangsel
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Bertempat di Saung Merdesa, Pamulang diadakan Rencana Kontinjensi Penanggulangan Bencana oleh BPBD. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui data dan potensi Sumber Daya di Tangsel, sehingga bencana dapat terminimalisir dengan baik dan menyusun rencana kontinjensi daerah Tangsel. Sumber Dana yang didapatkan dari APBD tahun 2013. Dan sebagai tugas dari BPBD yaitu untuk menyusun, menetapkan dan menginfokan peta rawan bencana dan lain-lain (21/10).

“RENKON mempunyai arti rencana yang diperkirakan akan terjadi tapi mungkin juga tidak akan terjadi” ujar Surya Rahman sebagai Narasumber dari Humanitarian Forum Indonesia.

Nova Ratnanto selaku narasumber dari BPBD, “Selain itu, dibutuhkan koordinasi. Karena koordinasi sangat penting untuk berpikir kritis dan analisa, management informasi, membangun konsensus, analisa situasi/konteks dan management rapat serta siaga bencana”. Katanya.

Kegiatan ini diharapkan agar pemerintah dapat dengan siap menghadapi bencana yang terjadi, mendapatkan data yang tidak simpang siur dan tidak lagi terpaku kepada cara pandang yang masih terarah pada penanggulangan kedaruratan.

“Antisipasi kami selaku BPBD menjelang datangnya musim penghujan adalah dengan cara berkoordinasi dengan BMKG dan sudah melakukan persiapan dalam upaya pencegahan, melakukan penyuluhan bencana banjir kepada anak-anak sekolah dan upaya peningkatan pemberdayaan sumber daya terkait” ujar Uci Sanusi selaku Kepala Pelaksana BPBD Tangsel saat wawancara reporter korantangsel.com.


(korantangsel.com-nadia lisa

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes