WASPADAI PENYAKIT HATI, EMPEDU, DAN PANKREAS - RANSEL
Headlines News :
Home » » WASPADAI PENYAKIT HATI, EMPEDU, DAN PANKREAS

WASPADAI PENYAKIT HATI, EMPEDU, DAN PANKREAS

Written By ADMIN on Saturday, September 28, 2013 | 5:50 AM

organ tubuh
KESEHATAN, korantangsel.com- Hidup di kota besar menuntut kita banyak hal. Padatnya rutinitas terkadang memaksa kita melanggar kaidah hidup sehat dan tanpa sadar penyakit menyerang tubuh.
Sekarang ini, penyakit di area perut bawah banyak dijumpai dan jika tidak ditangani secara serius dapat mengakibatkan komplikasi. Penanganan yang salah juga mengakibatkan penyakit makin parah.

Hati
Penyakit hati ditandai seringkali ditandai dengan gejala pusing, mual, muntah atau merasa tidak nyaman di perut kanan atas yang terkadang menyebar ke bagian punggung dan bahu. Gejala lainnya adalah berkurangnya nafsu makan yang seringkali juga diikuti dengan penurunan berat badan secara drastis, cepat lelah, dan merasa kekurangan energi serta bola mata dan kulit mulai berwarna kuning.
Dr. Tjhang Supardjo, M.Surg, FCCS, Sp.B menjelaskan bahwa istilah hepatitis dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati atau liver. Penyebabnyapun bermacam-macam, mulai dari virus bakteri dan protozoa sampai non infeksi atau obat-obatan dan alkohol.

Batu Empedu
Menurut Spesialis Bedah Hepatobiliary-Pancreas, Rumah Sakit Pondok Indah Cabang Puri Indah, mengabaikan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan berlemak menjadi salah satu faktor timbulnya masalah pada empedu dan risiko perlemakan hati yang meningkat dan memudahkan pembentukkan batu empedu.

“Batu empedu memang tidak menampakkan adanya keluhan. Bahkan hampir 50 persen pengidap batu empedu tidak merasakan suatu gejala, 30 persen merasakan gejala nyeri dan 20 persen berkembang menjadi komplikasi,” ucap dokter yang memiliki tiga orang anak ini.

Kanker Pankreas
Kanker Pankreas ternyata juga banyak dialami. Penyakit ini jauh lebih menakutkan dibandingkan dengan kedua penyakit di atas karena sangat berbahaya dan mematikan. Penyakit ini bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Kanker pankreas disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi alkohol, merokok, makanan hewani, kurang mengkonsumsi sayur dan buah, obesitas serta kurang berolahraga.

“Faktor keturunan dan usia juga berperan besar dalam meningkatkan risiko kanker. Usia di atas 50 tahun, penderita diabetes dan orang yang menjalani operasi untuk tukak lambung cenderung lebih berisiko mengidap penyakit ini,” jelasnya.

(korantangsel.com-id)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA