WASPADAI NYERI HEBAT SAAT HAID - RANSEL
Headlines News :
Home » » WASPADAI NYERI HEBAT SAAT HAID

WASPADAI NYERI HEBAT SAAT HAID

Written By ADMIN on Tuesday, September 17, 2013 | 11:27 PM

WASPADAI NYERI HEBAT SAAT HAID
KESEHATAN, korantangsel.com- Bagi kaum hawa, “Datang Bulan” atau menstruasi memang menjadi satu hal biasa bagi perempuan dewasa. Tapi pernahkan Anda berpikir, bahwa terkadang mengalami nyeri saat haid dan haid tidak teratur. Rasanya Anda harus mewaspadai akan gejala tersebut dan segeralah meluangkan waktu untuk mengecek kesehatan alat reproduksi Anda.

Obstetrician and Gynaecologist Fellow in Maternal-Fetal Medicine Siloam, dr. Stephen Mandang, Sp.OG mengatakan, nyeri saat haid dan haid tidak teratur bisa menimbulkan penyakit endometriosis. Penyakit ini merupakan jaringan tidak berada di dalam rahim, sehingga menimbulkan nyeri hebat saat haid. Selain itu, akan merasakan sakit saat berhubungan seksual.

“Seharusnya darah akan keluar melalui vagina, tetapi ini malah menyebar ke panggul. Itulah sebab mengapa terjadinya nyeri saat haid,” katanya.

Menurutnya, sampai saat ini para dokter belum mengetahui alasan yang pasti mengapa endometrium sampai dapat tumbuh di luar rahim. Namun yang jelas, sejauh ini diketahui bahwa endometriosis banyak ditemui di kalangan perempuan yang keluarganya menderita penyakit ini juga atau faktor genetik, imunnya kurang dan faktor lingkungan atau perempuan yang makanannya tercemar pestistida. “Bisa saja karena menstruasi terlalu muda atau menstruasinya lama dan banyak,” tegasnya.

Tanda paling umum, Stephen menjelaskan, rasa sakit yang parah pada perut bagian bawah, dan rasa sakit yang tidak tertahankan ini bisa mengakibatkan penderitanya sulit melakukan kegiatan seperti biasa, seperti saat berolahraga, berhubungan seks, diare, sakit punggung bagian bawah, sulit buang air besar dan mengeluarkana darah ketika buang air kecil.

Lebih seriusnya lagi, Stephen menambahkan akan berpengaruh pada gangguan infertilitas atau masalah kesuburan atau keguguran pada kehamilan. Sebab, kemungkinan endometriosis menyebabkan gangguan dalam hormon wanita yang menimbulkan keracunan, sehingga mengganggu pertumbuhan janin berulang kali. Stephen menyarankan, sebaiknya bila mengalami gejala tersebut, cepat datang ke dokter. Sebab akan mempengaruhi kualitas hidup bagi wanita yang menderitanya.

(korantangsel.com-id)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA