PULAU ANAMBAS, SI PEMIKAT PELANCONG MANCANEGARA - RANSEL
Headlines News :
Home » » PULAU ANAMBAS, SI PEMIKAT PELANCONG MANCANEGARA

PULAU ANAMBAS, SI PEMIKAT PELANCONG MANCANEGARA

Written By ADMIN on Thursday, September 19, 2013 | 11:41 PM

Pulau anabas
HIBURAN, korantangsel.com- Indonesia dikelilingi oleh puluhan pulau yang tersebar disetiap provinsi. Begitu banyak kepuluan yang patut Anda kunjungi, salah satunya kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Keindahan bawah laut kepulauan Anambas, memang tidak diragukan lagi. Kepulauan yang memiliki cadangan gas alam ini banyak terdapat objek wisata yang patut Anda kunjungi, mulai dari pemandangan alam sampai bawah laut.

Kepulauan Anambas adalah sebuah kepulauan kecil di Indonesia, terletak di Laut Cina Selatan antara Malaysia Timur dan Barat serta Kalimantan. Kumpulan pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, dan terkadang masuk dalam Kepulauan Natuna yang letaknya beberapa ratus kilometer di sebelah timur dan sudah membentuk kabupaten sendiri sejak tahun 2009.

Pulau Anambas, Pulau Tropis Terindah di Asia

Pulau Anambas yang dinobatkan sebagai pulau tropis terindah se-Asia yang diselenggarakan oleh CNN.com, memang pantas untuk dibanggakan.. Sebab kepulauan yang terdiri 238 pulau dengan pantai berpasir putih ini, sangat elok mempesona dan sangat direkomondasikan bagi Anda pengemar diving dan snorkeling.   

Pulau anabas

Jika Anda ingin mengunjungi kepulauan Anambas, ada beberapa wisata bahari yang patut didatangi. Seperti Selat Rangsang. Selat ini merupakan perairan tenang, selat yang berada di Kecamatan Siantan Timur sangat cocok untuk bersantai sambil melakukan aktivitas bahari, seperti snorkeling, berenang, dan bersampan atau sekedar berjemur di pantai.

Tak kalah indahnya dengan Selat Rangsang, pulau Durai yang terletak di Kecamatan Palmatak ini bisa menjadi destinasi Anda yang ingin melihat penyu. Karena menjelang sore, pantai yang indah dan berpasir putih dimanfaatkan oleh puluhan penyu betina untuk mendarat ke bibir pantai lalu menggali pasir dan bertelur, aktifitas penyu inilah menjadi andalan wisata di Kepulauan Anambas.
                                  
Beralih ke wisata bawah laut, yaitu Pulau Bawah. Pulau ini memiliki laguna yang dilindungi oleh beberapa pulau di sekitarnya. Laguna di pulau yang disebut sebagai Asia’s Top Five Island Paradise, merupakan semacam danau kecil yang terjadi pada laut dangkal dan dikelilingi oleh beting karang atau gosong pasir yang menutupi muara sungai.

Pulau Bawah memiliki lima pulau, yakni Bawah, Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang yang tidak berpenghuni  dan formasi ke lima pulau itulah yang akhirnya membentuk laguna. Dari atas permukaan air, Anda langsung melihat obyek sampai ke dasar laguna termasuk ikan-ikan karang dan pasir putih dengan sebaran terumbu karang di sejumlah titik. Sehingga Pulau Bawah ini cocok bagi Anda penggemar snorkeling, fishing, swimming, dan diving.

Tidak hanya dimanjakan oleh wisata alam dan bahari, di kepulauan ini Anda dapat menikmati wisata kuliner khas Anambas. Seperti kopi Anambas, minuman berwarna hitam pekat sangat pas apabila dihidangkan selagi panas. Berbeda dengan kopi lainnya, kopi anambas dibuat dari biji tanaman kopi yang dipanggang, sehingga aroma khas serta harum siap menemani liburan Anda.

Kuliner khas selanjutnya yang patut Anda cicipi adalah kerupuk atom. Makanan renyah ini terbuat dari ikan tongkol, rasanya yang lezat nan gurih sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan maupun teman makan Anda. Selanjutnya kuliner lain adalah lempok durian. Makanan ini sejenis dodol yang dibuat dari buah durian siantan yang lezat, penganan khas anambas ini memiliki rasa khas dan legit jika dibandingkan lempok durian asal Sumatera atau Kalimantan.

mie tarempa

Kuliner khas terakhir, mi terempa atau mi siantan berbahan mi kuning yang terbuat dari tepung terigu, telur, kecambah, dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai dan kecap. Mi terempa memang sangat pas untuk menu sarapan pagi liburan Anda di Anambas, dan makanan tersebut siap memanjakan lidah Anda saat berwisata kuliner di Kepulauan Anambas.

(korantangsel.com-id)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA