BREAKING NEWS

Friday, September 13, 2013

PALANG PINTU BUDAYA BETAWI

PALANG PINTU BUDAYA BETAWI
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Palang pintu adalah seni bela diri dari tanah Betawi yg sekarang dikenal Jakarta. Palang pintu adalah seni budaya yg biasa nya di gunakan atau dapat dilihat atraksinya di berbagai acara adat betawi, seperti perkawinan, penerimaan tamu kehormatan, dll.

Palang pintu juga di hiasai oleh pantun-pantun betawi, dan diiringi oleh musik marawis. atau gambang kromong atau tanjidor yang khas tentunya dengan betawi, yang menarik adalah, atraksi pencat silat yg diperagakan umumnya menggunakan senjata tajam sejenis golok, dan si jagoan atau pengawal tamu atau mempelai pria harus memenangi pertarungan tersebut.

Bang Jay, salah satu Tokoh Budayawan Betawi, sangat mengaharapkan kepada Pemerintah Setempat, agar melirik Budaya Betawi Palang Pintu yang memang harus dilestarikan, “Budaye Betawi nyang gini nieh, nyang harus di budayakan, supaye Pemerintah juge liat kalo negri Indonesie punya cirri khas,” kata tokoh budaya betawi.

PALANG PINTU BUDAYA BETAWI

Palang pintu walau terlihat ada kekerasan dgn adu jotos dan menggunakan senjata tajam, namun budaya yg satu ini cenderung jenaka karena aksi-aksi para pesilatnya.


(korantangsel.com-id)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes