BATIMUNG SPA, RITUAL DETOKS ALA BANJAR - RANSEL
Headlines News :
Home » » BATIMUNG SPA, RITUAL DETOKS ALA BANJAR

BATIMUNG SPA, RITUAL DETOKS ALA BANJAR

Written By ADMIN on Wednesday, June 19, 2013 | 2:46 AM

batimung spa
KECANTIKAN,korantangsel.com- Hidup di tengah lingkungan yang dipenuhi oleh polusi dan asap rokok, dapat membuat kondisi cepat lelah dan stres, hingga akhirnya menimbulkan efek buruk pada tubuh yakni menumpuknya racun. Oleh karena itu, setiap orang perlu melakukan detoksifikasi untuk membuang racun yang mengendap.

Kini detoksifikasi bisa dilakukan lebih nyaman sekaligus mempercantik diri, sebab Martha Tilaar Salon and Day Spa menghadirkan perawatan tubuh terbaru yang berkhasiat membuang racun dengan cara mandi uap, yaitu perawatan Batimung Spa.

Pemilik Martha Tilaar Salon and Day Spa Bintaro, Any Yullianti mengatakan, terilhami oleh kisah legenda kecantikan Putri Tanjung Buih saat muncul di pusaran air yang berbuih dan disambut dengan kain kuning inilah, tercipta perawatan Batimun Spa. Dari legenda tersebut, sampai saat ini Batimung masih dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan.

“Perawatan Batimung, biasanya wajib dilakukan untuk calon pengantin,” kata Any.

Any menambahkan, Batimung memiliki banyak khasiat. Seperti membuang keringat dari badan, mencerahkan kulit, membuat kulit lebih halus dan menjadikan kulit langsat alami. “Batimung Spa milik kami, tidak jauh berbeda dengan perawatan yang asli di Kalimantan,” ujarnya.

batimung spa

Bahan yang digunakan berupa daun jeruk, daun pandan, sereh, temu giring, minyak lala’an (minyak kelapa), sari beras dan mawar serta ketan hitam. Berbeda dengan treatmen lain, dalam perawatannya, Batimung menggunakan tiga gerakan pijat yang bermanfaat untuk membuang kotoran dan keringat, menjaga metabolisme dan juga relaksasi otot-otot.

Tahapan awal dimulai dengan Barandang Batis, kaki direndam dengan campuran daun jeruk dan irisan sereh. Fungsinya membersihkan kaki dan memberi aroma segar sekaligus sebagai antiseptik. Perawatan dilanjutkan dengan Cengkaruk (body scrub), dimana tubuh dibalur dengan sari beras dan parutan temu giring serta jeruk purut untuk mengharumkan dan melembabkan kulit. Tahap selanjutnya adalah Ba'urut (pijat) menggunakan minyak lala'an yang dipadu dengan Babanyon oil.

“Ba'urut berfungsi membuat tubuh lebih rileks, melancarkan peredaran darah dan meredakan otot yang tegang,” jelasnya.

Usai dipijat, terapi akan dilanjutkan dengan Bakasi, yakni tubuh dibaluri sari beras dan parutan temu giring serta jeruk purut untuk mengharumkan dan melembabkan kulit tubuh. Agar khasiat Bakasi lebih meresap ke dalam kulit, perawatan dilanjutkan dengan sesi mandi uap yang disebut Batimung (sauna).

Di sinilah proses detoksifikasi berlangsung, yaitu dengan penguapan tubuh menggunakan beragam rempah alami. Fungsinya untuk membuka pori-pori sekaligus mengeluarkan racun, mengurangi keringat berlebih dan mengharumkan tubuh. Rangkaian perawatan dilanjutkan dengan Barandam Awak (berendam) menggunakan beragam bahan alami. Proses terakhir dari perawatan Batimung adalah masker, menggunakan bedak bangkal agar kulit tampil bersih, harum, lembab dan mendapatkan nutrisi ekstra.

 “Semua rangkaian tidak hanya berguna bagi kesehatan, tapi kecantikan kulit,” ucapnya.


(korantangsel.com-id)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA