WASPADAI GANGGUAN IRAMA JANTUNG - RANSEL
Headlines News :
Home » » WASPADAI GANGGUAN IRAMA JANTUNG

WASPADAI GANGGUAN IRAMA JANTUNG

Written By ADMIN on Tuesday, May 21, 2013 | 10:32 PM



jantung
KESEHATAN,korantangsel.com- Anda kerap merasakan detak jantung yang tidak beraturan? Jangan menganggap remeh gangguan irama jantung atau aritmia. Gangguan yang dalam istilah kedokteran disebut atrial fibrillation (AF) atau fibrilasi atrium ini, ternyata bisa menjadi salah satu risiko terjadinya serangan stroke.

Dr. Yasmin Tadjoedin, SpJp, FIHA, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital mengatakan, pasien yang mengalami gangguan irama jantung, lima kali lebih berisiko terkena stroke dibandingkan pasien dengan irama jantung normal yaitu berkisar 60-100 detak/menit.

Ini disebabkan, gangguan irama jantung yang berlangsung lama, bisa menyebabkan perlambatan aliran darah di serambi kiri jantung. Sehingga, bisa terbentuknya bekuan darah (thrombus) di rongga jantung.

“Setiap saat, bekuan darah tersebut bisa lepas dan terbawa oleh aliran darah ke berbagai bagian pembuluh darah dalam tubuh. Akibatnya, menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah di organ tubuh lainnya. Namun bila itu terjadi di otak, maka akan menimbulkan stroke iskemik, sedangkan di ginjal, paru dan usus akan menimbulkan infark,” katanya.


nyeri jantung\

Yasmin melanjutkan, ada beberapa variasi gejala gangguan irama jantung. Mulai dari jantung yang sering berdebar-debar, pingsan mendadak, sampai akhirnya kematian.

Tetapi uniknya, gangguan irama jantung bisa terjadi pada anak kecil yang disebabkan adanya kelainan sejak lahir, sampai orang tua yang disebabkan perilaku yang tidak sehat. Seperti, merokok, minum kopi berlebih, mengkonsumsi alkohol dan minum coklat.   

Oleh karena itu, Yasmin menyarankan, agar gangguan irama jantung di diteksi dan diatasi sejak dini. Agar tidak menimbulkan stroke atau gangguan fungsi organ tubuh lain yang lebih berat.

“Gejala ini sama seperti orang kelelahan. Berdebar-debar, tekanan darah terus menurun, lemas dan sering kelelahan, pusing dan melayang, mudah binggung, tidak fokus, sesak nafas dan pada kasus tertentu disertai sakit dada.”

(korantangsel.com-id)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA