KISRUH UJIAN NASIONAL 2013, MAHASISWA BERKOMENTAR - RANSEL
Headlines News :
Home » » KISRUH UJIAN NASIONAL 2013, MAHASISWA BERKOMENTAR

KISRUH UJIAN NASIONAL 2013, MAHASISWA BERKOMENTAR

Written By ADMIN on Tuesday, May 7, 2013 | 12:09 AM


Ujian Nasional
TANGERANG SELATAN, korantangsel.com- Kisruh pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 ramai diberitakan oleh media, seperti televisi, cetak dan online. Kondisi ini membuat pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi sorotan media.

Kekacauan yang mewarnai penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA/SMK antara lain keterlambatan tiba soal di wilayah daerah, kekurangan soal,  ketidakcocokan antara lembar jawaban komputer (LJK) dengan paket soal, tercetaknya barcode ganda pada LJK, dan lain-lain.

“UN saat ini banyak sekali masalahnya, dari perbedaan jadwal ujian akibat dari telatnya pendistribusian soal, lembar soal dan lembar jawaban yang rusak, bahkan sampai pihak sekolah harus mengcopy lembar soal dan jawaban tersebut,” kata Devi Susilawati salah satu mahasiswi Jurusan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Di samping itu, Vindarini Novianti juga mengatakan, ”UN tahun ini sangat kacau, politik uang untuk proyek UN sangat terlihat mulai dari pengcopyan naskah soal yang tidak tepat waktu, dan pendistribusian soal yang terlambat. Intinya, UN tahun ini gagal total,” katanya.

Melihat permasalahan yang muncul pada UN tahun ini, pemerintah pusat harus bertanggungjawab. Untuk itu pemerintah dituntut lebih mempersiapkan UN agar tidak terjadi masalah-masalah seperti ini kembali untuk kedepannya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan daerah harus memberikan instruksi terhadap setiap sekolah agar mempersiapkan diri untuk pelaksanaan UN yang tujuannya untuk menyukseskan penyelenggaraan UN.

kegagalan UN


“Harus lebih sistematis, dan dipersiapkan lebih baik lagi agar tidak terulang masalah yang sama ditahun berikutnya,” kata Devi. Sambung Vindarini, “pemerintah harus lebih selektif untuk mencari pemenang tender pengcopyan naskah soal UN, dan kalau bisa setiap provinsi ada yang bertanggungjawab untuk pengopyan soal sehingga tidak berpusat di Jakarta,” ujarnya.

(korantangsel.com-ana aryati)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA