JANGAN SEPELEKAN AIR LIUR - RANSEL
Headlines News :
Home » » JANGAN SEPELEKAN AIR LIUR

JANGAN SEPELEKAN AIR LIUR

Written By ADMIN on Thursday, May 9, 2013 | 12:43 AM


air liur
KESEHATAN,korantangsel.com- Air liur yang menetes bukan hanya pertanda seseorang yang tergoda oleh sesuatu jenis makanan, akan tetapi tetesan air liur yang keluar dari mulut, ternyata mempunyai makna untuk mengetahui sehat tidaknya mulut seseorang.

Suatu tes baru yang disebut dengan The caries Assesment and Risk Evaluation (CARE) terhadap air liur seseorang, memang mampu memprediksi anak mana yang paling berisiko untuk mengalami gigi berlubang, dan mengetahui gigi mana yang rentan terjadinya lubang. Untuk mengetahui beberapa jumlah gigi yang berlubang, biasanya akan terlihat ketika mereka menginjak usia 30 tahun.

Untuk mengetahuinya, tes CARE ini menggunakan air liur. Dengan tujuan, untuk melihat adanya kompleks gula yang ada pada gigi. Walaupun tidak semua kompleks gula buruk, tapi beberapa diantaranya membuat kuman menempel pada gigi.

Saat ini, peneliti sedang melakukan tes pada air liur bayi yang dilakukan sebelum tumbuh gigi pertama. Penelitian jangka panjang juga sedang dilakukan untuk mengetahui tingkat akurasi dari tes ini. Bila hasilnya baik, maka akan sangat membantu anak yang berisiko tingkat gigi berlubang untuk melakukan pencegahan. Sehingga saat dewasa nanti, dapat terhindar dari masalah kerusakan gigi.

Kendati jumlah air liur atau saliva anak dan orang dewasa sama jumlahnya, kurangnya produksi air liur akan menimbulkan efek kering dan perasan tidak nyaman pada mulut, mulut kering yang menimbulkan  bau tidak enak, dan air liur merupakan benteng pertahanan terbaik untuk melawan atau mencegah gangguan kesehatan gusi, serta kerusakan gigi dibanding diet dan menyikat gigi, serta dapat menurunkan jumlah bakteri yang ada di dalam mulut  dan menambah mineral-mineral yang dapat membantu gigi.

Saat ini, perkembangan tes air liur masih diteliti oleh para ahli dari Cancer Research Inggris untuk membuktikan bahwa air liur bisa membantu orang yang terkena kanker payudara khususnya pada wanita, dan juga bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker.

(korantangsel.com-ahmad baihaqi)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA