JANGAN SEPELEKAN TIDUR MENDENGKUR - RANSEL
Headlines News :
Home » » JANGAN SEPELEKAN TIDUR MENDENGKUR

JANGAN SEPELEKAN TIDUR MENDENGKUR

Written By ADMIN on Monday, May 6, 2013 | 11:59 PM


mendengkur
KESEHATAN,korantangsel.com- Mendengkur memang dapat terjadi pada siapa saja. Bahkan, banyak sebagian orang menganggap mendengkur saat tidur adalah hal umum yang terjadi sebagai tanda tidur lelap. Hal ini dijelaskan oleh dr.Kusmoro Yudho Sp THT RS Usada Insani Tangerang, mendengkur atau “mengorok” merupakan suara bergetar yang keluar saat kita dalam keadaan tertidur.

“Biasanya ditandai dengan bunyi yang cukup keras dan asalnya dari rongga mulut dan hidung,” katanya. Kusmoro menambahkan, mendengkur bisa terjadi akibat penyempitan saluran nafas,sehingga jaringan lunak pada langit-langit mulut di dekat tenggorokan bergetar.

Menurut Kusmoro, ada beberapa penyebab mendengkur. Sebagai berikut :
1.    Posisi tidur telentang yang menjadi penyebab tidur mendengkur. Sebab, saat terlentang posisi mulut akan cenderung terbuka dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan. Sehingga, dapat menyebabkan penyumbatan saluran nafas.  

2.    Kebiasaan merokok dapat memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran nafas. Peradangan inilah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan suara dengkuran.

3.    Gangguan pada hidung. Kelainan bentuk hidung seperti septum yang menyimpang atau polip hidung juga bisa meyebabkan tidur mendengkur

4.    Kelebihan berat badan. Biasanya orang yang memiliki kelebihan berat badan, memiliki jaringan tenggorokan yang besar. Sehingga dapat mengakibatkan penyempitan saluran nafas dan menyebabkan tidur mendengkur.

5.    Sleep Apnea. Kelainan ini ditandai dengan berkurangnya atau berhentinya nafas selama tidur.

Untuk mengatasi tidur mendengkur, Kusmoro menjelaskan, alangkah baiknya jika mengubah posisi tidur dalam posisi miring, hentikan kebiasaan merokok, kurangi kelebihan berat badan dan konsultasikan dengan dokter jika kebiasaan mendengkur berhubungan dengan penyakit tertentu.

(korantangsel.com-id)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA