HOW TO REBUILD YOUR BUSINESS - RANSEL
Headlines News :
Home » » HOW TO REBUILD YOUR BUSINESS

HOW TO REBUILD YOUR BUSINESS

Written By ADMIN on Sunday, May 12, 2013 | 1:17 AM


Djoko Kurniawan
BISNIS,korantangsel.com- Saat ini demikian banyak orang yang memiliki bisnis. Tetapi tidak semuanya sukses dan mampu memberikan keuntungan. Bahkan banyak bisnis yang tidak berjalan sesuai harapan atau boleh dikatakan hampir mati atau terpuruk.

Penyebab sebuah bisnis tidak berjalan sesuai harapan sangat banyak,  antara lain disebabkan karena tidak memiliki konsep bisnis yang jelas, pengelolaan bisnis yang salah, kualitas produk yang tidak stabil dan beberapa penyebab lainnya.

Dalam artikel ini, saya bermaksud untuk memberikan saran dan tips agar sebuah usaha yang sudah dirintis dapat bangkit dari keterpurukan.

Konsep Bisnis Yang Jelas

Sebuah usaha akan dapat berkembang jika ada sebuah persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain vision, mission, segmentation, targeting, positioning, differentiation atauunique selling point, dan selling techique.

1. Vision atau visi adalah tujuan akhir yang ingin dicapai dalam sebuah   bisnis. Mission atau misi adalah cara yang akan dilakukan pebisnis untuk mencapai visinya.

2. Segmentation atau Communitization adalah memetakan pasar menjadi beberapa kelompok berdasarkan karakter masing-masing.

3.    Targeting atau Confirming adalah proses memilih target market yang akan disasar sesuai dengan keinginan dan kemampuan perusahaan.

4.  Positioning atau Clarification adalah proses menentukan ‘posisi’ produk/ jasa di mata customer.

5.  Differentiation adalah kelebihan yang akan ditonjolkan pada produk atau jasa yang membedakan dari produk lain dipasaran.

6. Selling technique adalah cara-cara kreatif yang dipilih untuk memasarkan produk atau jasa yang dijual.

Kelola Bisnis Dengan Benar

Banyak pengusaha membiarkan bisnisnya berjalan sendiri tanpa sebuah sistem yang baik. Mereka berpikir bahwa bisnis dapat berjalan dengan sendirinya jika produk atau jasa yang dijual bagus. Padahal di era sekarang ini, hampir semua produk atau jasa  yang ada di pasar memiliki kualitas yang sama bagusnya. Memang benar bahwa konsep sebuah bisnis kedepannya harus auto-pilot (bisa berjalan otomatis). Tetapi untuk menjadikan bisnis yang auto-pilot harus dilakukan beberapa tahapan yang memerlukan waktu yang lama.

Cara yang benar adalah bahwa para pebisnis harus ikut terlibat aktif dalam menjalankan bisnisnya ketika sebuah bisnis sedang dimulai. Lalu secara bertahap, mulai mempercayakan pos-pos tertentu pada orang lain dan sampai suatu saat seorang pebisnis hanya melakukan proses kontrol bisnis dengan format yang telah distandarisasi.

Kualitas Produk atau Jasa Yang Konsisten
Kualitas produk atau jasa yang selalu sama dan konsisten akan membuat sebuah bisnis berkembang dengan lebih baik dan lebih cepat. Untuk itu proses standarisasi pembuatan produk dan pelayanan jasa yang ditawarkan harus punya standard baku. Tujuannya adalah untuk menjaga kepercayaan customer. Untuk itu diperlukan SOP (Standard Operating Procedures) yang lengkap.

Pesan saya untuk Anda, lakukan 3 saran di atas secara benar agar bisnis Anda bisa bangkit dari keterpurukan dan mulai berkembang sesuai dengan harapan.

Ditulis oleh:
Djoko Kurniawan
Managing Director DK Consulting Group

Kami siap membantu bisnis Anda untuk berkembang lebih cepat dan memberikan keuntungan yang optimal dengan sistem mentoring.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA