BREAKING NEWS

Monday, April 15, 2013

WISATA SITU GINTUNG, KOTA TANGERANG SELATAN


HIBURAN,korantangsel.com- Lokasi danau ini berada di sebelah barat daya kota Jakarta. Danau seluas 21,4 ha (2008) ini telah berubah fungsi, dimanfaatkan sebagai tempat wisata taman yang awalnya sebagai waduk area pertanian di sekitarnya. Awal pembentukan situ (danau) ini adalah sebagai waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitarnya, dibuat antara 1932-1933 dengan luas awal 31 ha. Kapasitas penyimpanannya mencapai 2,1 juta meter kubik. Sebuah situ (danau) yang cukup luas yakni Situ Gintung sebuah danau kecil buatan yang terletak Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Situ ini adalah bagian dari Daerah Aliran Cisadane merupakan salah satu sungai utama Provinsi Banten dan Jawa Barat sumber berasal Gunung Salak dan Gunung Pangrango di Kabupaten Bogor (sebelah selatan Kabupaten Tangerang) yang mengalir ke Laut Jawa panjang sungai ini sekitar 80 km dan bendungan aliran Kali Pesanggarahan.

Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung sampai ke tepi daratan seluas kurang lebih 1,5 ha yang bernama Pulau Situ Gintung beserta hutan tanaman yang berada di sekitarnya. Semenjak tahun 1970-an kawasan pulau dan salah satu tepi Situ Gintung dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam dan perairan dimana terdapat restoran, kolam renang dan aktivitas outbond.

Dimana diketahui tidak terlalu banyak memiliki kawasan wisata yang layak untuk bersaing dengan kawasan wisata lainnya di Jabodetabek. Mungkin yang masih terbilang baik adalah wisata kuliner di berbagai lokasi khas seperti di Serpong, Ciputat ataupun Bintaro.

(korantangsel.com-ayla)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes