BREAKING NEWS

Monday, April 15, 2013

JANGAN BERMALAS SAAT HAMIL MUDA


KESEHATAN,korantangsel.com-  Mungkin kehamilan seorang wanita muda memang sangat membahagiakan dan menyenangkan, tapi di satu sisi lain kehamilan seorang wanita muda merupakan masa yang penuh ‘gejolak’ bagi sebagian besar,  mulai dari perasaan pusing, mual, muntah terus menerus, tidak enak badan, , tidak nafsu makan, dan lain sebagainya yang di rasakan.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh perubahan tingkat hormonal dalam tubuh sebagai respon terhadap keberadaan janin. Uniknya, tidak semua ibu hamil memiliki keluhan serupa, dan bahkan yang serupa pun bisa berbeda intensitas keluhannya.

Faktor lain yang diperkirakan turut berperan dalam perbedaan tersebut adalah tipe kepribadian wanita hamil, pengetahuan, motivasi, dan dukungan sosial dari lingkungan sekitar. Semakin baik pemahaman akan kehamilan dan kebutuhan janin, serta dukungan sosial yang positif dari lingkungan sekitar, kemungkinan besar semakin baik dapat beradaptasi dengan keluhan fisiknya dan berkonsentrasi untuk kebutuhan bayi yang di kandung.

Asupan nutrisi  sangatlah penting untuk pertumbuhan janin dan juga bagi kesehatan wanita hamil, sehingga masalah malas makan memang dapat berdampak pada janin. Apalagi jika disertai muntah-muntah. Kurangnya nutrisi esensial bagi bayi dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, mulai dari berat badan lahir rendah, retardasi pertumbuhan dalam rahim, pembentukan sel-sel tubuh yang tidak optimal, dan lainnya. Jadi, kami anjurkan untuk berusaha memperbaiki pola makan kembali.

Tidak perlu makan dengan porsi ‘untuk berdua’ terlebih di awal kehamilan, karena sebenarnya kebutuhan kalori yang ada tidak berlipat ganda, namun sekitar 300 kalori atau sedikit diatas itu saja, sehingga tetap bisa makan seperti biasa, namun dengan memperbaiki jenis makanan yang dikonsumsi (pilih yang bernutrisi baik dan pengolahannya sehat.

(korantangsel.com- ayla)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes