BREAKING NEWS

Thursday, April 18, 2013

WASPADA DENGAN PENYAKIT ANGIN DUDUK


KESEHATAN, korantangsel.com- Sering kita mendengar bahwa seseorang meninggal tiba-tiba karena angin duduk, Orang tersebut pada mulanya baik-baik saja lalu mengeluh sakit dengan gejala yang sama dengan masuk angin yaitu mual, pusing, berkeringat dingin ditambah dengan nyeri di dada sebelah kiri. Tidak lama setelah mengeluh sakit si penderita meninggal dalam kondisi duduk. Itulah kenapa dinamakan sebagai angin duduk, Kenapa penyakit ini tampak begitu mengerikan dan membahayakan bagi kita.

Ternyata yang disebut angin duduk oleh masyarakat itu bukanlah penyakit yang sama dengan masuk angin biasa. Secara medis, angin duduk benar-benar berbeda dengan masuk angin.. Rasa nyeri dapat berlangsung kurang lebih 5 hingga 10 menit dan rasanya seperti ditekan. Penyakit ini terjadi akibat kurangnya aliran darah ke jantung yang mengakibatkan jantung mengalami malnutrisi.

Secara umum, jantung kita dapat mengalami kegagalan fungsi karena kurangnya oksigen. Umumnya hal tersebut disebabkan karena dua hal. Yang pertama adalah penyempitan pembuluh jantung atau arteri koroner yang menyebabkan suplai darah menjadi berkurang ke sel-sel jantung. Yang kedua adalah lonjakan pemakaian oksigen yang besar pada jantung akibat aktivitas yang berlebihan secara tiba-tiba.

Angin duduk umumnya ditandai dengan tekanan di dada, sesak nafas dan kelelahan. Jika kita mengalami nyeri pada jantung jangan menunda untuk mengunjungi dokter yang terdekat. Selain itu untuk menghindari penyakit seperti ini, kita dapat melakukan pencegahan dengan memperhatikan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol. Ketiga hal tersebut dapat mengganggu kinerja jantung, membuatnya bekerja semakin berat dan tidak normal.

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, untuk mencegah angin duduk kita diharuskan memiliki pola hidup yang sehat. Merokok, tidak pernah berolahraga, makanan kolesterol tinggi, obesitas dan stress adalah suatu hal yang wajib dihindari. Angin duduk merupakan suatu pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan jantung kita dan diharuskan mengubah kebiasaan hidup kita menjadi lebih sehat. Olahraga teratur dengan intensitas ringan hingga sedang dan menghindari stress adalah hal terbaik dan termurah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung khususnya dan penyakit lainnya pada umumnya.

(korantangsel.com-ayla)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes