BREAKING NEWS

Wednesday, May 1, 2024

UBAH TUMPUKAN SAMPAH JADI TBK CIMONE


TANGERANG RAYA, korantangsel.com- (Kota Tangerang) Untuk mewujudkan lingkungan bersih dan nyaman, warga RT 02/08, Perumahan Cimone Permai, Kelurahan Cimone, Karawaci berhasil mengubah tumpukan sampah menjadi Taman Belajar Keluarga (TBK).

Ketua RT 02/08 Perumahan Cimone Permai, Rumiyati mengungkapkan perubahan lahan sampah menjadi TBK ini tercetus dari adanya lahan fasos-fasum di wilayah yang tidak terawat. Kemudian bersama warga dan karang taruna, bergotong royong melakukan perubahan hingga menjadi lahan yang dimanfaatkan untuk kegiatan positif.

“Untuk mengubah ini semua, kami lakukan secara bertahap. Alhamdulillah setelah TBK terbangun, bantuan dari pemerintah melalui dinas-dinas mulai berdatangan. Mulai dari Dinas DPAD, DLH, Disbudpar, Kelurahan, Kecamatan. Sehingga, TBK Cimone ini jauh dari kata sempurna dan kegiatan anak-anak tersalurkan di tempat ini,” katanya.

Ia melanjutkan untuk mempercantik TBK dan menghemat biaya, hampir semua benda yang ada di TBK terbuat dari barang bekas. Seperti potongan pohon untuk gapura, gantungan tanaman pagar dan aksesoris taman, tulisan taman belajar dari pintu bekas kamar mandi, paralon bekas untuk mainan anak-anak, botol kemasan untuk pot bunga, ban bekas untuk tempat duduk, pot bunga beton untuk tempat duduk berbentuk strowberi atau semangka, dan puzzle untuk pembuatan kincir angin.

Tak hanya itu, taman yang difungsikan sebagai tempat edukasi ini pun dilengkapi mural-mural edukasi karya pemuda karang taruna. Seperti pengenalan hewan, bahasa inggris, tata surya, lambang Burung Garuda, Teks Pancasila dan lagu-lagu anak.

“Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan pangan warga setempat, kami membuat lahan bercocok tanam organik dan budidaya ikan. Hasil panen kami bagikan ke warga, baik sayur mayur, buah atau ikan,” ungkapnya.

Warga RT 02/08, Perumahan Cimone Permai, Umi Jariyah mengaku jika dibandingkan dengan lingkungan sebelumnya. Suasana di lingkungan RT 02/08 saat ini terlihat bersih dan nyaman, bahkan anak-anak pun merasa senang mendapatkan tempat bermain dan belajar yang dekat dengan rumah.

(korantangsel.com, hasan)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes