BREAKING NEWS

Monday, May 22, 2023

BINUS UNIVERSITY Beri Perangkat Pendukung Promosi Online Pada UMKM Ratu Eceng

 



BISNIS,korantangsel.com- Sebagai bentuk pemberdayaan UMKM, tim Centre for Business and Social Empowerment Binus University yaitu Prof. Dr. Lim Sanny, S.T., M.M., Dr. Pantri Heriyati, S.E., M.Comm dan Dr. Dahlia Darmayanti, MIM berkunjung ke workshop Ratu Eceng yang berlokasi di Kota Tangerang untuk menyerahkan seperangkat peralatan teknis yang dapat mendukung pembuatan konten atau kegiatan pemasaran di media sosial.

Menurut Prof. Lim Sanny yang merupakan Guru Besar bidang ilmu Manajemen di Binus University ini dilakukan sebagai bentuk nyata yang dilakukan Binus untuk berusaha berkontribusi mendukung keberlangsungan bisnis UMKM binaan kami.

“Dukungan ini tak hanya memberikan perangkat yang mendukung kegiatan promosi. Namun juga pendampingan bagaimana memperbesar potensi pasar hingga ke Amerika maupun Eropa,” kata  Prof. Lim Sanny.

Sementara itu, Pantri Heriyati selaku Head of Social Business Empowerment Binus University menambahkan berbagai program pemberdayaan UMKM yang kami lakukan diharapkan memiliki dampak kepada masyarakat.

“Program yang kami lakukan disamping memberikan pelatihan di bidang branding, kami juga memberikan pendampingan bagaimana berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia internasional yang dalam prosesnya akan melibatkan dosen serta mahasiswa,” ucapnya.

Sebagai informasi, Binus University selalu berkomitmen dalam membina dan memberdayakan masyarakat. Salah satunya melalui pemberdayaan UMKM sebagai salah satu bentuk dharma pengabdian kepada masyarakat.

Binus University yang memproduksi barang kriya berbahan dasar serat alam dari tanaman eceng gondok dalam hal ini berkolaborasi dengan merk Ratu Eceng dari CV. Sahabat Alam Handycraft sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini.

”Selain mendapatkan pendampingan dari Binus University, saya juga diberikan peralatan untuk mempromosikan produk kami secara profesional. Itu membuat kami jadi luar biasa, karena bisa menutupi kendala yang kami alami selama ini,” ujar Ieko Damayanti selaku pemilik Ratu Eceng.

Ieko mengungkapkan berkat keseriusannya dalam menjalankan bisnis ini, produk eceng gondok buatannya ini telah berhasil merambah pasar nasional bahkan global seperti Los Angeles, Amerika Serikat. Sedangkan terkait tantangan bisnis yang dihadapi selama ini, menurutnya adalah kegiatan promosi yang harus mengikuti jaman dan bagaimana menciptakan suatu produk yang didukung dengan promosi secara online.

"Melihat kendala itu, saya meminta perlu adanya pendampingan dari Binus University untuk berkomunikasi dengan pihak luar terutama international mulai dari bahasa, kemudahan prosedur dan sebagainya. Dan saya bersyukur Binus University sudah memberikan peralatan pembuatan konten sosial media,," tutupnya. (Dini)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes