BREAKING NEWS

Monday, March 20, 2023

Hepriyadi Zaicily : Partai Gelora Indonesia Bangun Demokrasi Internal dalam Menghadapi Proporsional Tertutup


NASIONAL, korantangsel.com- (Kota Tangerang) Sistem pemilu proporsional tertutup adalah sistem pemilihan umum yang hanya memungkinkan masyarakat memilih partai politiknya saja, bukan calon wakil rakyat secara langsung. Saat pemilu dengan sistem ini, pemilih hanya mencoblos tanda gambar atau lambang partai dalam surat suara karena tidak tersedia daftar kandidat wakil rakyat di surat suara.

 

Meskipun menolak proporsional tertutup. Partai Gelora Indonesia DPD Kota Tangerang siap menghadapi sistem pemilu poporsional tertutup maupun terbuka.

 

Menghadapi proporsional tertutup Partai Gelora Indonesia harus membangun demokrasi di internal partai. Hal ini disampaikan oleh Hepriyadi Zaicily yang akrab dipanggil Bang Zai sebagai salah satu Kader Partai Gelora Indonesia dan Bacaleg Provinsi Banten Dapil Kota Tangerang A dalam ruang diskusi Konsolidasi kader Partai Gelora Kota Tangerang di Cafe Loteng, Tangerang, Senin (20/3).

 

Menurutnya baik itu sistem proporsional tertutup maupun terbuka yang terpenting adalah membangun kepercayaan masyarakat untuk medulang suara partai.

 

“Oleh karena itu Kader-kader dan para Bacaleg jangan kendor harus konsisten semangat dalam membesarkan partai diatas kepentingan rakyat”. Kata Bang Zai yang selain Bacaleg dirinya adalah Ketua DPC Cibodas Partai Gelora Indonesia yang menahkodai 6 PAC di bawahnya.

 


Jika terjadi sistem pemilu proporsional tertutup, partai politik berperan penting dalam menentukan siapa yang akan terpilih sebagai perwakilan rakyat. Oleh karena itu, jika partai politik memiliki demokrasi internal yang kuat, maka dapat dipastikan bahwa calon yang diusung partai politik adalah calon yang memiliki kualifikasi dan kapasitas yang tepat untuk memimpin dan mewakili rakyat.

 

Dalam kesimpulan diskusi, Ketua DPD Partai Gelora Kota Tangerang H. Abu Bakar Yasin memastikan jika terjadi  sistem proporsional tertutup, DPD Partai Gelora Indonesia Kota Tangerang komitmen membangun  demokrasi internal dan memastikan proses seleksi  kandidat dan pemilihan nomor urut caleg  akan berjalan secara adil dan transparan sehingga kemenangan Partai Gelora Indonesia menjadi kemenangan bersama rakyat bukan kemenangan seseorang yang berkepentingan, pungkasnya.

 

(korantangsel.com, din)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes