BREAKING NEWS

Thursday, April 15, 2021

Deteksi Kanker Serviks Melalui Aplikasi Si Boba Milik Puskesmas Baja


KESEHATAN,korantangsel.com- Ada kabar baik bagi warga Kecamatan Cibodas, khususnya perempuan. Pasalnya, TP PKK Kecamatan Cibodas berkolaborasi dengan Puskesmas Baja, membuat aplikasi Si Boba.


Ketua TP PKK Kecamatan Cibodas, Diana Rosiyana, S.Psi mengatakan aplikasi Si Boba atau Screning Iva Berbasis Online ini, merupakan aplikasi pendeteksi gejala kanker serviks. Untuk mengakses aplikasi ini, warga Cibodas harus mengisi google form yang berisi beberapa pertanyaan terkait indikator gejala kanker serviks.

"Ini bisa digunakan oleh pasangan usia subur di rumah atau dimana pun, tanpa harus malu atau datang ke Puskesmas," katanya.

Setelah pasangan usia subur ini selesai mengisi beberapa pertanyaan, lanjut Diana, akan muncul score yang hanya diketahui oleh petugas Puskesmas. Selanjutnya apabila ada warga yang mendekati gejala-gejala kanker serviks, kader posyandu atau akseptor KB akan menindaklanjuti ke tahap pemeriksaan IVA. tes.

"Sejak aplikasi ini ada di tengah pandemi Covid-19. Warga yang terindikasi di bulan Januari sampai Maret 2021, hasil screning sudah ada 40 PUS yang harus ditindak lanjuti," tutupnya.

(korantangsel.com,dini)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes