BREAKING NEWS

Saturday, June 29, 2019

STISIP YUPPENTEK OPTIMIS BISA PENUHI KRITERIA AKREDITASI 4.0


TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Tren berlomba mendapatkan sebanyak mungkin peserta didik oleh  Perguruan Tinggi (PT) dinilai tak lagi relevan. Hal itu terungkap dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi yang bertempat di Kampus STISIP Yuppentek, Cikokol, Tangerang, Sabtu (29/6/2019).

Guru Besar Gajah Mada, Prof. Suhanan mengatakan, melalui Akreditasi 4.0, Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) mensyaratkan PT mengawasi betul proses pembelajaran, kualitas keluaran dengan cara evaluasi diri. Setidaknya terdapat sembilan kriteria yang harus dipenuhi perguruan tinggi agar mendapat akreditasi.

"Jadi alumni itu kan sebagai produknya, misal ukurannya berapa lama mendapatkan kerja, kemudian berapa lama waktu studinya, kemudian dengan IPK 4 apakah mempunyai dampak ketika dia mencari kerja, kemudian bidang kerjanya sesuai atau tidak, apakah bisa mencerminkan dengan IPK 4 itu. Jadi lebih pada dampak," kata Suhanan saat memaparkan materi di hadapan 136 perwakilan perguruan tinggi swasta di wilayah IV (Jabar-Banten).

Dia juga menekankan agar PTS tidak hanya terpaku pada akreditasi. Lebih dari itu, menurutnya, pengembangan institusi pendidikan perlu dilakukan melalui evaluasi diri.

"Jadi kita tahu posisi kita di mana dan kelemahannya apa," imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Universitas Indonesia, Prof. Johny Wahyuadi menambahkan, keunggulan dari Akreditasi 4.0 adalah berbasis evaluasi diri. Artinya, PT diminta aktif mengukur kualitas institusi secara berjenjang dan berkesinambungan.

"Kita sekarang gak bisa lagi bohong-bohongan, orang yang nilai kita sendiri," tambahnya.

Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (STISIP) Yuppentek, Bambang Kurniawan mengaku optimis pihaknya dapat memenuhi kriteria Akreditasi 4.0 tersebut. Hingga saat ini, pihaknya telah berhasil mencapai akreditasi B untuk PT dan dua program studi.

"Kita optimis bisa memenuhi kriteria ini, kita akan memenuhi di 2022 akhir jadi sekarang sudah ancang-ancang," tutupnya.

(korantangsel.com,dens)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes