BREAKING NEWS

Friday, September 28, 2018

PIF 2018, DUKUNG PARA PENELITI DAN INOVATOR


puspitek
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Melalui Puspitek Innovation Festival (PIF) 2018, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) mendukung para inovator dan peneliti-peniliti baru yang ada di masyarakat atau pelajar, untuk menampilkan hasil penelitiannya di hadapan masyarakat luas bahkan dunia, tepatnya di Kawasan Puspitek, Setu, Tangsel, Kamis (27/9).

Kepala Puspitek, Siti Setiawati mengatakan, mengusung tema 'Innovation For All'  yang berfokus terhadap pengembangan inovasi inklusi (grassroot innovation) dan social entrepreneurship ini, PIF diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan masyarakat dan pelajar. 

Namun bedanya, lanjut Siti, tahun ini PIF berkolaborasi kegiatan international antara Puspitek dengan ASEAN-India Grassroots Innovation Forum dalam bentuk seminar, kompetisi, dan pameran yang bekerjasama dengan ASEAN India, UN ESCAP Forum: Policies for Inclusive Innovation and Social Entrepreneurship.

Siti menambahkan, lomba penelitian yang dibagi menjadi dua bagian ini, dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama diikuti oleh siswa SMA yang diikuti oleh 30 peserta dari enam negara. Dimana, untuk perwakilan Indonesia diikuti oleh Sekolah Menengah Atas yang memiliki ide-ide yang bisa dikembangkan. Sementara tipe kedua diikuti oleh masyarakat, yang tingkatannya sudah tinggi dan mulai  memproduksi produk. Seperti salah satunya, pembuatan kaki palsu dengan menggunakan kayu dan serabut kelapa.

"Melalui PIF ini, diharapkan bisa membuktikan bahwa inovasi merupakan  solusi atau aksi penyelesaian masalah. Dimana hasilnya bisa dirasakan  oleh seluruh masyarakat, karena dengan berinovasi paling tidak mulai terbiasa dengan sebuah perubahan yang lebih positif," ujar Siti.




Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes