BREAKING NEWS

Tuesday, September 26, 2017

TAK SEKEDAR KOTA INDUSTRI, CIKARANG KINI TAMBAH HIJAU



kota bekasi (ransel-dini)
NASIONAL,korantangsel.com- Kawasan industri di Bekasi Timur, merupakan sebuah wilayah penting dalam memajukan perekonomian. Tak sekedar kawasan industri, menjaga dan mengelola lingkungan sebagai tempat tinggal dalam kawasan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun yang mencakup lingkungan hunian, harus dipikirkan.

Supandi Budiman, Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup kota Bekasi mengatakan untuk mewujudkan wilayah Cikarang sebagai bagian dari Bekasi yang berbasis wilayah industri dan tempat tinggal yang nyaman, hijau dan bersih sesuai visi dan misi kota ini, dibutuhkan dukungan peran serta stakeholder guna pengelolaan lingkungan hidup dengan memperhatikan sumber daya alam dan energi.

"Dengan keserasian antar pihak stakeholder dalam keserasian pengembangan wilayah kota, khususnya di Cikarang tentu menghasilkan efek positif bagi pendapatan daerah dan pertumbuhan ekonomi serta tempat tinggal. Contoh itu bisa kita lihat bersama pada pengembangan di areal Cikarang timur melalui konsep pertumbuhan industri dan kota modern yang sedang giat dilakukan pengembangan", imbuhnya.

Sementara itu, Ketut Budi Wijaya, Presiden Meikarta mengungkapkan sesuai dengan visi dan misi BPLH Kota Bekasi akan wilayah industri sebagai  tempat tinggal yang nyaman, hijau dan bersih, kami turut berperan serta dalam mendukung Pemda Bekasi untuk penghijauan di Cikarang, dengan mengubah lahan gambut kering menjadi dapat ditanam pepohonan, dan ikut menyediakan sumber air melalui pengadaan jalur pipa. 

"Tak hanya itu, kami telah membuat danau buatan dan mendatangkan ratusan pohon yang langsung bisa tertanam dan tumbuh. Ini semua dilakukan Meikarta, agar konsep pemerintah Bekasi agar lahan industri yang hijau dan nyaman tetap terjaga," ucapnya.

Ia menambahkan, kota Meikarta dibangun dengan sangat cermat. Tak hanya memerhatikan mewahnya bentuk bangunan atau lengkapnya fasilitas, kami turut memperhatikan aspek lingkungan dan kesehatan para penghuninya. 

Seperti, dalam kota Meikarta telah dibangun taman seluas 100 hektare yang terdiri atas ruang terbuka hijau dan danau buatan seluas 25 hektare.
" Air dan pohon berperan penting dalam kehidupan. Selain berfungsi menyerap udara kotor, keduanya penting sebagai penyeimbang iklim wilayah," jelasnya.

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes