OSTEOPOROSIS, SILENT KILLER YANG MENYERANG USIA RENTAN - RANSEL
Headlines News :
Home » » OSTEOPOROSIS, SILENT KILLER YANG MENYERANG USIA RENTAN

OSTEOPOROSIS, SILENT KILLER YANG MENYERANG USIA RENTAN

Written By ADMIN on Thursday, March 17, 2016 | 4:49 PM

osteoporosis
KESEHATAN,korantangsel.com- Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Namun apa jadinya jika tulang mulai mengalami pengeroposan atau osteoporosis.

Penyakit oteoporosis memang tak asing lagi telinga masyarakat. Penyakit banyak dialami oleh kaum wanita ini, merupakan penyakit tulang yang dapat membuat tulang menjadi rapuh dan lemah. 

dr Sandra S.Langow,Sp.PD-KR, dokter penyakit dalam Siloam Hospital mengatakan, umumnya osteoporosis terjadi pada bagian tulang tertentu seperti di pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang. 

Sehingga, lanjutnya osteoporosis bisa dijuluki silent killer atau diam diam mematikan yang bisa menyerang seseorang tanpa gejala sebelumnya.

Menurut Sandra, wanita memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita osteoporosis dibanding laki-laki. Dimana, pada wanita penyakit ini bisa menyerang di usia 55 tahun atau 60 tahun, sedangkan pria diatas 70 tahun. Tak hanya usia, faktor ukuran tubuh, keturunan,merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, diet yang menyebabkan sedikit asupan vitamin D dan kalsium juga menyebabkan Osteoporosis.
osteoporosis

Osteoporosis merupakan silent killer, wanita jaman sekarang yang memiliki kesibukan yang tinggi seringkali tidak sadar akan bahaya osteoporosis. 

Seperti diketahui, saat masih bayi, manusia mempunyai 350 tulang, lalu menyusut menjadi 206 tulang karena beberapa tulang menyambung dan bersatu untuk lebih kuat. Pada saat usia 20 – 30 tahun merupakan puncak kekuatan tulang. Seiring dengan bertambahnya usia, sedikit demi sedikit tulang mulai rapuh. 

Bagi yang sudah terdeteksi osteoporosis, kata Sandra, perlu dilakukan terapi pengobatan yang tepat untuk meminimalkan dampaknya.

Jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki penyakit ini atau tidak, Anda harus melakukan tes screening. Tes ini memiliki tujuan untuk mengetahui kepadatan tulang dan untuk mengetahui seberapa besar risiko mengalami penyakit ini.



Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA