PEMKAB TANGERANG LAUNCHING E-PLANNING - RANSEL
Headlines News :
Home » » PEMKAB TANGERANG LAUNCHING E-PLANNING

PEMKAB TANGERANG LAUNCHING E-PLANNING

Written By ADMIN on Saturday, February 20, 2016 | 11:50 PM

pemkab tangerang
TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah melaunching E-Planning Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Ruang Wareng Gedung Pusat Kabupaten Tangerang

Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Heri Heriyanto menyampaikan semua produk dokumen yang ada di Bappeda sebenarnya sudah memiliki format baku yang diatur sesuai dengan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Dalam Permendagri No 54 tersebut sudah dijelaskan secara rinci mekanismenya tinggal mengikuti sesuai aturan yang berlaku. Perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu proses perencanaan pembangunan yang dimaksudkan untuk melakukan perubahan menuju arah perkembangan yang lebih baik bagi suatu komunitas masyarakat, pemerintah dan lingkungannya dalam wilayah/ daerah tertentu dengan memanfaatkan atau mendayagunakan berbagai sumberdaya yang ada dan harus memiliki orientasi yang bersifat menyeluruh, lengkap tetapi tetap berpegang pada azas prioritas.

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-planning) adalah sebuah alat penyusunan RKPD, KUA PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan Kabupaten/Provinsi agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 54 Tahun 2010. Dengan adanya alat bantu E-Planning, Bappeda dapat memaksimalkan sistem dan sistem juga mampu menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan.

Sekretaris Daerah Iskandar Mirsad mengatakan dalam paparannya sistem E-Planning mengupayakan konsistensi antara perencanaan pada level Kabupaten dan SKPD, konsistensi antara RPJMD, Renstra SKPD RKPD dengan Renja SKPD, mensinkronkan program dan kegiatan dalam mendukung pencapaian sasaran pembangunan, mengefektifkan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Kabupaten dan Forum SKPD, mempercepat arus informasi antar SKPD maupun dari Kecamatan dan mengefisienkan proses perencanaan.

Sistem tersebut diakses secara online melalui Bappeda sebagai admin dan user ialah para setiap SKPD dan Kecamatan dengan akses Username dan Password yang berbeda. Adapun proses verifikasi SKPD yang mendapatkan usulan kegiatan juga dilaksanakan secara online, dan pihak Bappeda dalam hal menyetujui dan mengkoreksi usulan program dan kegiatan telah terakses secara online.

Manfaat E-Planning yaitu sistem yang dikembangkan secara online sehingga perencanaan dapat lebih efektif, efisien dan komunikatif. Kelebihan aplikasi E-Planning antara lain dapat menjaga kesesuaian dokumen perencanaan pada tingkat SKPD yaitu renja SKPD dengan dokumen perencanaan pada level Kabupaten, dalam hal ini RKPD dan KUA PPAS sehingga sesuai dengan RPJMD serta memproteksi agar hanya bisa mengambil program kegiatan yang menjadi urusannya saja dan sesuai kewenangannya. Dalam aplikasi ini penginputan data usulan hanya dilakukan satu kali input saja, kemudian data tersebut diproses sesuai dengan tahapan penyusunan dokumen sampai tahapan terakhir. Jadi hanya menghapus atau mengubah data yang sudah ada pada data dokumen sebelumnya dan diolah menjadi dokumen yang dibutuhkan.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan dalam sambutannya dalam rangka pelaksanaan misi Kelima Kabupaten Tangerang yaitu Peningkatan pelayanan publik yang didukung oleh birokrasi yang bersih, profesional, berwibawa, transparan dan bertanggungjawab untuk mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang profesional dan akuntabel melalui reformasi birokrasi secara bertahap dan berkelanjutan, maka perlu dikembangkan sistem informasi tata kelola pemerintahan berbasis elektronik pada setiap lini sektor Pemerintahan. Pengembangan sistem informasi ini secara prosedural dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian hingga tahap monitoring dan evaluasi program dan kegiatan pembangunan. Hal ini merupakan salah satu dari Dua Puluh Lima Program Unggulan Kabupaten Tangerang yaitu Pengembangan e-Government. Keberhasilan pembangunan berawal dari proses perencanaan yang handal, yaitu perencanaan yang berkualitas dalam merespon tuntutan yang terus berkembang.

Untuk itu diperlukan adanya membangun suatu sistem perencanaan yang terpadu dalam proses pengelolaan pembangunan daerah, sehingga dapat lebih efisien, efektif dan ekonomis, dengan sasaran pembangunan yang jelas dan terukur berdasarkan prinsip partisipatif, transparan dan akuntabel. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan harus mampu menghadirkan kemajuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan. "Saya menyambut baik pengembangan sistem perencanaan berbasis web ini, sehingga dapat lebih mudah diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan, Pengembangan Sistem e-Planning ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan pembangunan seiring dengan kemajuan zaman yang sangat cepat," ucap Zaki.

A. Zaki iskandar menambahkan untuk itu dalam rangka memacu laju pembangunan yang sedang berlangsung di Kabupaten Tangerang, saya sangat mengharapkan dukungan semua pihak, baik SKPD maupun para pemangku kepentingan dalam pengembangan sistem ini agar senantiasa bekerja dan bekerja sama secara maksimal dalam mewujudkan berbagai kebijakan, program dan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Tangerang dan dengan berbagai program dan kegiatan yang kita laksanakan bersama-sama disertai dengan semangat One Team, One Spirit, One Goal kita optimalkan sumber daya manusia dan potensi yang kita miliki untuk membangun Kabupaten Tangerang ke arah yang lebih baik sesuai yang diharapkan.




Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA