SABA DESA JADI AJANG SILATURAHMI DAN DIALOG LANGSUNG PEMERINTAH DENGAN MASYARAKAT - RANSEL
Headlines News :
Home » » SABA DESA JADI AJANG SILATURAHMI DAN DIALOG LANGSUNG PEMERINTAH DENGAN MASYARAKAT

SABA DESA JADI AJANG SILATURAHMI DAN DIALOG LANGSUNG PEMERINTAH DENGAN MASYARAKAT

Written By ADMIN on Thursday, November 5, 2015 | 4:06 PM

zaki
TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang kembali menggelar Acara Bupati Saba Desa yang digelar di Kecamatan Jayanti.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Dan Pemerintahan Desa (BPMPPD) H. Banteng Indarto sebagai Ketua Penyelenggara menyampaikan dalam laporannya kegiatan ini dilaksanakan melalui kunjungan kerja yang pelaksanaannya dipusatkan yaitu untuk wilayah III di Kecamatan jayanti yang merupakan terpilihnya atas hasil rapat koordinasi dengan para Camat.

Selain sebagai ajang forum silaturahmi antara pimpinan pemerintahan dan pimpinan organisasi di Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, kegiatan Saba Desa ini dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung kondisi wilayah dan seluruh permasalahan terkait urusan penyelenggaraan pemerintahan yang terjadi. "Diharapkan kegiatan ini akan bisa menjadi masukan dalam rangka perbaikan penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah khususnya di wilayah Desa tersebut," ujarnya.

Adapun pelaksanaan Kegiatan Bupati Saba Desa dibagi 6 wilayah, sebagai berikut:
1. Wilayah I meliputi Kecamatan Kelapa Dua, Kecamatan Pagedangan, Kecamatan Cisauk, Kecamatan Legok dan Kecamatan Curug.
2. Wilayah II meliputi Kecamatan Tigaraksa, Kecamatan Panongan, Kecamatan Jambe, Kecamatan Cisoka dan Kecamatan Solear.
3. Wilayah III meliputi Kecamatan Balaraja, Kecamatan Jayanti, Kecamatan Sindang Jaya, Kecamatan Sukamulya, Kecamatan Pasakemis dan Kecamatan Cikupa.
4. Wilayah IV meliputi Kecamatan Kemeri, Kecamatan Kresek, Kecamatan Kronjo, Kecamatan Mekar baru, dan Kecamatan Gunung Kaler.
5. Wilayah V meliputi  Kecamatan Mauk, Kecamatan Rajeg, Kecamatan Sepatan dan Kecamatan Sukadiri.
6. Wilayah VI meliputi Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Sepatan Timur, Kecamatan Teluknaga dan Kecamatan Kosambi.

Camat Jayanti H. M. Nawawi mengatakan Mudah mudahan setelah mendapatkan arahan petunjuk dari bapak bupati agar bisa lebih memahami tentang membangun desa agar kita bisa lebih meajukan desa sesuai keinginan Bupati dan tentunya masyarakat itu sendiri. "Harapan mudah mudahan kedepan jayanti terkenal bukan warung remang-remang tapi terkenal karena sebagai kota santrinya dan kecamatan yang kaya akan prestasi," ungkapnya.

Dalam sambutannya Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan, Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa desa memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan nasional, hal ini dikarenakan Desa merupakan garda terdepan dalam memberikan sumbangsih yang besar dalam menciptakan stabilitas nasional yang kita rasakan sampai saat ini. Namun disisi lain, fakta tekstual yang terjadi saat ini, masyarakat kita yang tinggal di sektor pedesaan justru saat ini sering dihadapkan dengaIyaberbagai persoalan ekonomi serta permasalahan kehidupan sosial lainnya yang sampai saat ini masih terus dirasakan.

Lanjutnya, keseriusan pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan sosial ekonomi yang terjadi pada masyarakat desa serta bertujuan untuk menguatkan sistem yang berkembang di Desa, melalui undang-undang Desa  diharapkan Pemerintahan Desa bersama masyarakat desa mampu melakukan perubahan wajah desa dan tata kelola penyelenggaraan Pemerintahan yang efektif, pelaksanaan pembangunan yang berdaya guna, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya. Karena tujuan ditetapkannya Undang-undang tentang desa tersebut tentunya dapat mendorong gerakan dan partisipasi masyarakat desa untuk pengembangan potensi dan aset desa guna kesejahteraan bersama, membentuk pemerintahan desa yang profesional, efisien dan efektif, serta bertanggung jawab memajukan perekonomian masyarakat desa dan memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.
  
"Saba Desa ini di jadikan ajang silaturahmi dan dialog bersama masyarakat bersama Pemerintah dan juga Iya membangun kebersamaan. Di tahun 2016 masalah sampah harus lebih di fokuskan. Bahkan nanti kita akan umumkan kecamatan mana saja yg mendapatkan predikat bersih sampai kecamatan terkotor kita umumkan supaya termotivasi. memang tak mudah mengatasi sampah tapi ini sudah menjadi tanggung jawab kita semua mari sama sama kita atasi sampah. Penghargaan yang paling dan sangat berharga adalah penghargaan dari masyarakatnya sendiri yang merasakan kepuasan dan menikmati pembangunan," ungkap Zaki.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA