AMPAS KOPI, SI PENYELAMAT BAU TAK SEDAP - RANSEL
Headlines News :
Home » » AMPAS KOPI, SI PENYELAMAT BAU TAK SEDAP

AMPAS KOPI, SI PENYELAMAT BAU TAK SEDAP

Written By ADMIN on Thursday, January 22, 2015 | 1:49 AM

ampas kopi
TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Sampah, memang menjadi permasalahan terbesar bagi pemerintah Kota Tangerang. Mengapa tidak, hampir setiap hari berkubik-kubik sampah selalu mampir di TPA Rawa Kucing, Tangerang. Tak hayal, masyarakat setempat pun resah akibat bau tak sedap yang selalu hadir disetiap indra penciuman mereka.

Beragam cara pun dilakukan oleh pemkot setempat. Namun kali ini, pemerintah sedang mengkaji pemanfaatan ampas kopi yang disinyalir dapat mengurangi bau tak sedap.  Menurut Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, proses kerja ampas kopi, rencananya akan dimasukkan ke dalam sanitary landfill di TPA Rawa Kucing yang berguna sebagai penghilang bau.

“Selama ini sampah selalu kita timbun menggunakan tanah merah, tapi kalau ampas kopi hanya dimasukkan ke dalam sanitary, sehingga proses penguraian lebih cepat. Tentu ini akan menghemat biaya dan ramah lingkungan,” katanya.

Ia menambahkan, terkait pemanfaatan energi tersebut, saat ini pemkot sedang menjajaki kerjasama pengolahan energi sampah menjadi bio solar. 

"Energi yang bisa dimanfaatkan jauh lebih potensial, dan kemarin sudah ada beberapa investor yang tertarik, termasuk bantuan dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral," jelasnya.

Walikota mengharapkan, tidak hanya upaya dari pemerintah saja, adanya kerjasama dengan masyarakat dapat mengatasi persoalan sampah yang masih banyak dihadapi oleh kota-kota besar di Indonesia bisa teratasi.


Share this article :
 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA